Fuadi, Ahmad (2018) Penerapan Metode Quality Function Deployment (Qfd) Untuk Peningkatan Kualitas Produk Keripik Tempe (Studi Kasus Ud Abadi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kondisi persaingan yang semakin ketat menuntut adanya keunggulan khusus pada sebuah produk dan untuk itu dibutuhkan evaluasi pada produk secara tepat sehingga dapat diketahui keunggulan dan kelemahan produk. UD Abadi menerapkan strategi diferensiasi produknya dengan mengeluarkan berbagai macam varian rasa, namun langkah tersebut masih belum memberikan dampak yang efektif mengingat para pesaing juga melakukan cara yang sama. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan melakukan perbaikan pada tingkat atribut secara lebih mendetail untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan dari konsumen sehingga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pengembangan produk keripik tempe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut yang manjadi prioritas utama menurut konsumen terhadap kualitas produk keripik tempe dan mengetahui atribut-atribut yang harus diperbaiki terhadap produk keripik tempe. Penelitian ini menggunakan analisis Quality Function Deployment untuk mengetahui berprioritas utama atribut dan hubungan antara atribut kebutuhan konsumen dan respon teknis. Analisis yang akan dilakukan hanya sampai pada fase pertama yakni House of Quality. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan kuesioner kepada konsumen sejumlah minimal 57 responden yang berusia antara 17-55 tahun serta pernah mengkonsumsi keripik tempe Abadi dan Bu Noer dalam waktu 3 bulan terakhir. Atribut harapan konsumen pada produk keripik tempe Abadi terdiri dari 18 atribut. Nilai kepentingan tertinggi yang harus diprioritaskan untuk atribut harapan konsumen berdasarkan bobot yakni secara berurutan atribut informasi logo halal dan izinxii edar sebesar 7,82 (P9), mencantumkan tanggal kedaluarsa sebesar 7,02 (P14), rasa keripik enak sebesar 6,77 (P1), tekstur keripik renyah sebesar 6,73 (P2) dan harga produk sesuai dengan kualitas sebesar 6,60 (P17). Tingkat kepuasan dari merk Abadi sendiri rata-rata lebih unggul daripada merk Bu Noer namun masih terdapat kekurangan pada tiga atribut harus diprioritaskan juga untuk diperbaiki yakni atribut Informasi komposisi bahan dan gizi (P8), Informasi logo halal dan izin edar (P9) dan Desain print menarik (P16). Pada matriks teknis terdapat lima teknis yang sebaiknya diprioritaskan untuk diperbaiki yakni teknik pengemasan dengan bobot 685,8 (T8) yang mana pada bagian ini terdapat berhubungan untuk memperbaiki kelengkapan informasi dan variabel kinerja, keterampilan/kompetensi pegawai dengan bobot 680,7 (T10) perbaikan berlaku untuk semua proses produksi sehingga harus diperhatikan kemampuan dari pegawai untuk menciptakan kualitas yang baik secara berkelanjutan, pemilihan bahan berkualitas dengan bobot 577,3 (T1) yang mana perbaikan dapat dilakukan untuk menentukan semua jenis kelengkapan mulai dari bahan baku, tambahan dan pendukung serta pengendalian kualitas dengan bobot 406,3 (T7) yang mengendalikan semua faktor produksi dan teknik penggorengan dengan bobot 343,9 (T5) yang merupakan titik kritis dalam menghasilkan keripik yang berkualitas baik dari segi rasa, aroma, warna maupun tekstur. Kelima teknis tersebut berhubungan erat dengan atribut harapan konsumen yang menjadi kekurangan dan bernilai penting bagi konsumen. Dengan memperbaiki kelima atribut tersebut maka produk akan menjadi lebih sempurna secara kualitas.
English Abstract
The increasingly fierce competition conditions require the existence of special advantages on a product and for that it requires an evaluation of the product appropriately so that it can be known the advantages and disadvantages of the product. UD Abadi implemented a strategy of product differentiation by issuing various variants of taste, but this step still had no effective impact considering the competitors also did the same. One step that can be taken is to make improvements at the attribute level in more detail to find out the needs and desires of consumers so that they can be used as evaluation material for the development of tempe chips products. The purpose of this study is to find out the attributes that become the top priority according to consumers on the quality of tempe chips products and find out the attributes that must be improved on tempe chips products. This study uses Quality Function Deployment analysis to find out the main priority attributes and the relationship between attributes of consumer needs and technical responses. The analysis will be carried out only until the first phase of the House of Quality. Data collection was carried out by conducting interviews and questionnaires to consumers with a minimum of 57 respondents aged between 17-55 years and had consumed Abadi Tempe chips and Bu Noer in the last 3 months. The attributes of consumer expectations in the Abadi Tempe chips product consist of 18 attributes. The highest value of priority must be prioritized for the attributes of consumer expectations based on weight, namely sequential attributes of the halal logo information and distribution permit of 7.82 (P9), specifying the expiration date of 7.02 (P14), taste of tasty chips at 6.77 (P1 ), the texture of crispy chips is 6.73 (P2) and the product price matches the quality of 6.60 (P17). The satisfaction level ofxiv the Abadi brand itself is on average superior to Bu Noer's brand but there are still shortcomings in the three attributes that must be prioritized to be improved, namely the attribute composition of ingredients and nutrition (P8), information on the halal logo and distribution permit (P9) and print design interesting (P16). In the technical matrix there are five techniques that should be prioritized for improvement, namely packaging techniques with a weight of 685.8 (T8) which in this section are related to improving the completeness of information and performance variables, skills / competencies of employees with a weight of 680.7 (T10) improvements applies to all production processes so that the ability of employees to be considered to be able to create good quality on an ongoing basis, selection of quality materials weighing 577.3 (T1) where repairs can be made to determine all types of equipment ranging from raw materials, additives and supports and controls quality weighing 406.3 (T7) which controls all production factors and frying techniques weighing 343.9 (T5) which is a critical point in producing quality chips both in terms of taste, aroma, color and texture. The five techniques are closely related to the attributes of consumer expectations that become deficiencies and are important for consumers. By improving these five attributes, the product will become more perfect in quality.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2018/295/052002256 |
Uncontrolled Keywords: | Keripik Tempe, Dimensi Kualitas, House of Quality, Quality Function Deployment, Tempe Chips, Quality Dimensions, House of Quality, Quality Function Deployment |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.57 Research and Development |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 06:31 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181404 |
![]() |
Text
115100301111013_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
![]() |
Text
115100301111013_BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
![]() |
Text
115100301111013_COVER + DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
![]() |
Text
115100301111013_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text
115100301111013_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text
115100301111013_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |