Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Menggunakan Metode Kano (Studi di Kedai Paraikatte Kota Malang)

Kurniawan, Abdi Wahid (2019) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Menggunakan Metode Kano (Studi di Kedai Paraikatte Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Makanan tradisional merupakan wujud budaya yang berciri kedaerahan, spesifik, beraneka macam dan jenis yang mencerminkan potensi alam berbagai daerah. Kedai Paraikatte merupakan kedai khas Makassar yang berada di Kota Malang. Konsumen kedai Paraikatte umumnya berasal dari Makassar, sedangkan konsumen dari luar Makassar masih sangat sedikit. Hal itu disebabkan karena berbagai daerah memiliki makanan khas dan cita rasa yang berbeda – beda. Oleh karena itu, analisis preferensi konsumen dengan menggunakan dimensi kualitas produk dan kualitas layanan perlu dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan atribut dari kedai tersebut agar lebih menarik banyak konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Kano. Pengisian kuesioner terhadap 120 responden yang pernah mengkonsumsi produk coto di Kedai Paraikatte berdasarkanan 17 atribut yang yang akan diteliti. Dari hasil penelitian, didapatkan 3 kategori kano, yaitu attractive, must be dan indifferent. Nilai Customer Satisfaction Coefficient (CSC) tertinggi adalah atribut adanya area parkir gratis dengan nilai IBT 0,60 dan IWT - 0,23 yang masuk dalam kategori attractive serta atribut rasa dengan nilai IWT -0,75 dan IBT 0,43 yang masuk dalam kategori must be. Nilai CSC terendah yang didapatkan adalah atribut porsi makanan yang sesuai dengan nilai IBT 0,14 dan IWT -0,37 yang masuk dalam kategori indifferent. Atribut yang perlu dipertahankan dan diperbaiki adalah atribut yang termasuk dalam kategori attractive dan must be, sedangkan untuk pemberian atribut indifferent sebaiknya dipertimbangkan kembali karena ada maupun tidak adanya atribut tersebut tidak mempengaruhi kepuasan maupun ketidakpuasan konsumen

English Abstract

Traditional food is a form of culture that is characterized by regional, specific, diverse and types that reflect the natural potential of various regions. Kedai Paraikatte is a typical Makassar stall located in the city of Malang. The consumers of Paraikatte stalls generally come from Makassar, while consumers from outside Makassar are still very few. That is because various regions have different special foods and flavors. Therefore, an analysis of consumer preferences by using dimensions of product quality and service quality needs to be done to improve and enhance the attributes of the shop to attract more consumers. This research uses the Kano method. Questionnaires were filled out with 120 respondents who had consumed coto products at the Kedai Paraikatte based on 17 attributes to be studied. From the results of the study, obtained 3 categories of canoes, namely attractive, must be and indifferent. The highest Customer Satisfaction Coefficient (CSC) value is the attribute of free parking area with an IBT value of 0.60 and IWT - 0.23 included in the attractive category and a taste attribute with a value of IWT -0.75 and an IBT of 0.43 included in the category must be. The lowest CSC value obtained was a food portion attribute that was in accordance with the IBT value of 0.14 and IWT -0.37 which was included in the indifferent category. Attributes that need to be maintained and improved are attributes that are included in the attractive and must be categories, whereas for the provision of indifferent attributes it should be reconsidered because the presence or absence of these attributes does not affect consumer satisfaction or dissatisfaction.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2020/24/052002896
Uncontrolled Keywords: Coto Paraikatte, Kano, Preferensi Konsumen, Consumer Preferences, Coto Paraikatte, Kano.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:41
Last Modified: 18 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181202
[thumbnail of Abdi Wahid Kurniawan.pdf]
Preview
Text
Abdi Wahid Kurniawan.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item