Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Bubuk Di UKM Sido Luhur Kota Malang

Sihombing, Kristin Anglina (2020) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Bubuk Di UKM Sido Luhur Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis di era Abad ke-21 telah mengalami peningkatan yang sangat pesat setiap tahunnya. GAPMMI Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Indonesia (2013). Perkembangan industri makanan dan minuman di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, disebabkan oleh jumlah penduduk yang semakin bertambah, peningkatan daya beli masyarakat serta pertumbuhan ekonomi yang menjadi dorongan dalam mengingkatnya industri makanan dan minuman. Salah satu pelaku usaha dibidang industri adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), jenis produk pada UMKM sangatlah beragam, salah satunya ialah produk olahan home industri yang diolah dari biji kopi menjadi produk kopi bubuk. UKM Sido Luhur merupakan salah satu UKM industri kopi bubuk yang berada di Kota Malang. Pelaku usaha seperti home industri dan perusahaan besar bersaing untuk menghasilkan produk kopi bubuk olahan yang terbaik untuk menarik minat para konsumen dalam melakukan pembelian. Bisnis industri kopi bubuk akan menimbulkan persaingan yang homogen antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya, sehingga setiap perusahaan dituntut untuk mempersiapkan strategi-strategi yang dapat mempertahankan ekstensitas perusahaan. Penelitian dilakukan bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh atribut produk (harga, kemasan, merek, rasa, kualitas, dan label) terhadap keputusan konsumen dalam pembelian kopi bubuk UKM Sido Luhur, dan 2) Menganalisis atribut produk yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian kopi bubuk UKM Sido Luhur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan statistik deskriptif, dan penelitian menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan PLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive, kemudian teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan secara kebetulan atau menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini adalah. Partial Least Square (PLS). Tingginya tingkat kompetisi menjadikan produsen harus lebih memahami selera konsumen dalam melakukan pembelian kopi bubuk, konsumen memiliki sikap dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu, sehingga konsumen memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap sebuah produk. Persepsi konsumen terhadap harga dengan rata-rata 84.2%, atribut kemasan dengan nilai rata-rata 71.4%, lalu atribut nilai rata-rata 90%. Rasa kopi bubuk Sido Luhur memiliki rasa kopi yang bertahan lama dengan nilai rata-rata 88.5%, kemudian kualitas produk dengan nilai rata-rata 90%, dan label dengan nilai rata-rata 84.2%, sehingga semua atribut memberikan persepsi yang baik terhadap konsumen. Atribut produk merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Berdasarkan tabel evaluasi Inner Model menunjukkan bahwa hubungan antara X1 (harga) dengan Y (keputusan pembelian) adalah signifikan dengan T-statistik sebesar 4.895 (> 1.96). Hubungan antara X2 (kemasan) dengan Y adalah tidak signifikan dengan T-statistik sebesar 0.226 (< 1.96). Lalu hubungan antara X3 (merek) dengan Y adalah signifikan dengan T-statistik sebesar 3.603 (> 1.96). Kemudian hubungan antara X4 (rasa) dengan Y adalah signifikan dengan T-statistik sebesar 4.383 (> 1.96), hubungan antara X5 (kualitas) dengan Y adalah signifikan dengan T-statistik sebesar 2.035 (> 1.96), dan hubungan antara X6 (label) dengan Y adalah tidak signifikan dengan T-statistik sebesar 0.805 (< 1.96). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka saran yang bisa diberikan adalah: 1) Sebaiknya UKM Sido Luhur memperbaiki jenis kemasan dan desain label sehingga konsumen lebih tertarik untuk membeli. Selain itu UKM Sido Luhur perlu meningkatkan kualitas sekaligus mempertahankan keterjangkauan harga kopi. 2) Sebaiknya UKM Sido Luhur mempertahankan rasa kopi yang dimiliki karena menjadi salah satu faktor yang paling mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian kopi.

English Abstract

The development of business in the 21st century era has been growing rapidly and increasing annually. GAPMMI Indonesian Food and Beverage Entrepreneurs Association (2013). The development of the food and beverage industry in Indonesia continues to increase annually, due to the increasing population, increased purchasing power of the community and the economic growth that is encouraged in Food and beverage industry. One of the business actors in the industrial sector is Micro, Small and Medium Enterprises (MSMES). The types of products at MSMEs are very diverse one of which is the product of the home industry processed from coffee beans into a product of powdered coffee. UKM Sido Luhur is one of the SME powder Coffee industry that is located in Malang City. Business actors such as home industries and large companies compete to produce the best processed coffee products to attract consumers to make purchases. The business competition of the powder coffee industry will engender a homogeneous competition between one company and another, so that each company is required to prepare strategies that can maintain the company's extensity. Research is conducted to: 1) analyzing the influence of product attributes (price, packaging, brand, taste, quality, and labeling) to consumer decisions in the purchase of the powder coffee in UKM Sido Luhur, Analyzing the product attributes that most influenced the purchasing decisions of powder coffee in UKM Sido Luhur, This study uses a quantitative approach and descriptive statistics, and the research uses Structural Equation Modeling (SEM) analysis with the PLS approach using the SmartPLS 3.0 application. The selection of research locations is performed purposive, then the sampling techniques used in this study use a non-probability sampling approach. The selection of samples on this study was done by chance or using accidental sampling techniques. The analytical techniques used for hypothesis testing on this study were. Partial Least Square (PLS). The high level of competition between producers makes producers to better understand the tastes of consumers, in making the purchase of ground coffee, consumers have an attitude with certain considerations, so consumers have different perceptions of a product. Consumer perception of price with an average of 84.2%, the packaging attribute with an average value of 71.4%, then the average value attribute of 90%. The taste of Sido Luhur powder coffee has a long-lasting coffee taste with an average value of 88.5%, then the quality of the product with an average value of 90%, and labels with an average value of 84.2%, so that all attributes provide a good perception of consumers. Product attributes are one of the important things that the company needs to note. Based on the evaluation table Inner Model showed that the relationship between X1 (price) with Y (purchase decision) was significant with a T-statistic of 4.895 (> 1.96). The relationship between X2 (packaging) with Y is insignificant with the T-Statistic of 0.226 (< 1.96). Then the relationship between X3 (brand) with Y is significant with the T-Statistic of 3.603 (> 1.96). Then the relationship between X4 (taste) with Y is significant with the T-Statistic of 4,383 (> 1.96), the relationship between X5 (quality) with Y is significant with the T-Statistic of 2.035 (> 1.96), and the relationship between X6 (label) with Y is insignificant with the T-Statistic of 0.805 (< 1.96). Based on the results of research that has been done, the suggestions that can be given are: 1) UKM Sido Luhur should improve the type of packaging and label design so that consumers are more interested in buying. In addition, UKM Sido Luhur needs to improve quality while maintaining the affordability of coffee prices. 2) We recommend that UKM Sido Luhur maintain coffee taste because it is one of the factors that most influence consumers to make coffee purchases.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2020/89/052003743
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:18
Last Modified: 11 Apr 2023 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181176
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kristin Anglina Sihombing (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item