Analisis Pengembangan Bisnis Pada Produk Permen Lolipop Dengan Metode Business Model Canvas Dan Integrasi Swot-Ahp (Studi Kasus Ud “Darmadaksa Multikarya” Di Malang)

Prasetiyo, Lukman Hakim Nur (2019) Analisis Pengembangan Bisnis Pada Produk Permen Lolipop Dengan Metode Business Model Canvas Dan Integrasi Swot-Ahp (Studi Kasus Ud “Darmadaksa Multikarya” Di Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UD DarmadaksaMultikarya merupakan salah satu produsen permen lolipop di Malang. Usaha inimemproduksipermendenganbahangula, glukosa, pewarna dan perasa. Permen di Indonesia saatinisudahsemakinberkembang, halinimenuntutusahainiuntukmemilkistrategipengembangan agar memilkiproduk yang berdayasaing. Oleh karenaitu, penelitianbertujuanuntukmenganalisispengembanganusaha yang ada di usahasaatinimenggunakanmetodebusiness model canvas (BMC) dan intergrasi SWOT-AHP. Metode ini membantu dalam memahami, menjelaskan dan memprediksi aktivitas yang sebaiknya dilakukan atau tidak serta untuk dapat menghasilkan keuntungan bagi usahanya. Berdasarkan analisis SWOT yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwaKekuatan yang paling berpengaruh terhadap pengembangan usaha adalah produk yang berkualitas (0,604),darikelemahan yaitu keterbatasan dalam teknologi (0,174), darisegipeluangyaitu produsen permen lolipop yang masih sedikit (0,542), dandari ancaman yaitu mitra berpengaruh terhadap penjualan (0,223). Prioritasstrategipengembanganyang disusun berdasarkan matriks SWOT yang didapatkan yaitu 6 alternatif strategi dengan prioritas tertinggi yaitu, Memanfaatkan media sosial dan ecommercedengannilai 0,244.Meningkatkankemampuan skill dan kerjasamauntukmencapaitujuan usahadengannilai 0,188. Perencanaan untuk mengantisipasi perubahan harga pada bahandengannilai 0,169

English Abstract

UD DarmadaksaMultikaryaisone of the producers of lollipops in Malang. It produces lollipops with sugar, glucose, dyes, and seasoning. Lollipop candies in Indonesiaare growing, the business must have a development strategy to have a competitive product. Therefore, the research aims to analyze the development of existing business using business model canvas (BMC) and SWOT-AHP integration. This method helps in understanding explain and predicting activities that should or not to be done and to generate profits for the business. Based on the SWOT analysis it has been carried out results that the most influential strength to the business development is a quality product (0.604), from the weakness is the development in Technology (0.174), in terms of opportunity is lack competitors (0.542), and from threats are influential partners against sales (0.223). The priority of the development strategy compiled based on the SWOT Matrixobtained six alternative strategies with highest priority, utilizing social media and ecommerce with a value of 0.244. Improve skills and cooperation to achieve business objectives with a value of 0.188. Planning to anticipate price changes on the material with a value of 0.169.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/129/052002123
Uncontrolled Keywords: Permen lolipop, Pengembangan bisnis, Business development, lollipops,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.57 Research and Development
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:18
Last Modified: 16 Mar 2022 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181151
[thumbnail of LUKMAN HAKIM NUR PRASETIYO (Fix).pdf] Text
LUKMAN HAKIM NUR PRASETIYO (Fix).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item