Nugraha, Chaerul Irfan (2020) Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka E-Learning Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (elearning-filkom.ub.ac.id) dengan Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya saat ini sudah mempunyai website E-Learning yang masih memiliki banyak kekurangan terbukti dari sedikitnya mahasiswa FILKOM yang menggunakan serta banyaknya keluhan yang diberikan pada kueisioner pra-penelitian yang disebar secara online kepada mahasiswa FILKOM. Hal ini menunjukan perancangan website tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari mahasiswa FILKOM. Metode Goal-Directed Design (GDD) dapat memberikan solusi untuk menghasilkan rancangan website yang sesuai dengan tujuan pengguna. Dalam penerapaannya, metode GDD memiliki enam tahapan. Tahap pertama adalah research untuk mengetahui masalah yang ada serta pengumpulan data agar mendapatkan kebutuhan dan kondisi yang diinginkan oleh stakeholder dan pengguna. Tahap kedua adalah modeling yang menghasilkan persona dan user journey pengguna. Tahap ketiga adalah requirement yang akan menghasilkan konteks skenario dan kebutuhan. Tahap keempat adalah framework yang menghasilkan kerangka rancangan antarmuka berupa wireframe. Tahap terakhir adalah refinement yang akan menghasilkan high-fidelity prototype yang sudah siap diuji serta dilakukan evaluasi menggunakan kueisioner SUS. Kueisioner evaluasi akhir ini memberikan hasil nilai rata-rata sebesar 74 dan masuk kedalam kriteria Grade C, berada pada kategori acceptable dalam acceptability ranges, dan kategori good dalam adjective rating serta mendapatkan B- dalam Grading Scale Sauro & Lewis. Sehingga website perbaikan dapat diterima dan dinilai baik oleh pengguna website.
English Abstract
Faculty of Computer Science (FILKOM) of Brawijaya University currently has an ELearning website that still has many shortcomings proven by small number of FILKOM students who use the website and complaints given to pre-research questionnaire distributed online to FILKOM students. This shows the website design doesn’t meet the needs and student goals. The Goal-Directed Design (GDD) method can provide solution to produce website design that suits the user's needs and goals. In its application, GDD method has six stages. The first stage is research to get the needs and conditions desired by stakeholders and users. The second stage is modeling that produces user persona and user journey. The third stage is requirements that will produce a context scenario and functional needs. The fourth stage is the framework that produces wireframe. The last stage is refinement to produce high-fidelity prototype that ready to be tested and evaluated using SUS questionnaire. Final SUS evaluation gave an average score of 74 and entered the Grade C criteria, acceptable category in acceptability ranges, and good category in the adjective rating and also received a B- in the Sauro & Lewis Grading Scale. So that website improvements can be accepted and assessed well by users.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2020/175/052003366 |
Uncontrolled Keywords: | Goal-Directed Design, System Usability Scale, Antarmuka Pengguna, Usability, E-Learning, Goal-Directed Design, System Usability Scale, User Interface, Usability, E-Learning. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.4 Research > 001.43 Descrptive and experimental methods |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 08:20 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180915 |
![]() |
Text
Chaerul Irfan Nugraha.pdf Download (57MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |