Terpaan Iklan Web Series Tropicana Slim yang Berjudul “Janji

Napitupulu, Jeremia Gribaldi (2019) Terpaan Iklan Web Series Tropicana Slim yang Berjudul “Janji. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terpaan media sangat penting untuk dikaji dan diukur, dikarenakan terpaaan media memiliki peran teoritis yang berbeda terhadap orang yang menonton bergantung pada kontennya. Salah satunya adalah web series “Janji” pada Channel Youtube Tropicana Slim yang memiliki tujuan dan pesan kampanye pola hidup ehat “Healthy Lifesyle and Diet”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terpaan web series Tropicana slim yang berjudul “Janji” Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan skala likert angket 4 tingkat (SS, S, TS, dan STS). Sampel yang digunakan sebanyak 400 orang penonton web series “janji” pada Channel Youtube Tropicana Slim, jumlah sampel minimal ditentukan dengan metode slovin. Terpaan media diukur dengan 5 (lima) dimensi (Type of Recall, Timeframe, Unit of Observation, Conceptualization dan Location. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terpaan web series Tropicana slim yang berjudul “Janji” untuk setiap dimensi yaitu pada Type of Recall berada pada kriteria tinggi dengan nilai tertinggi berada pada item kedua, Timeframe tergolong tinggi dengan nilai rata-rata tertinggi berada pada item ketiga, Unit of Observation tergolong tinggi dengan nilai rata-rata tertinggi berada pada item ketiga, Conceptualization tergolong tinggi dengan nilai rata-rata tertinggi berada pada item keenam dan Location juga tergolong tinggi dengan nilai rata-rata tertinggi berada pada item pertama, sehingga secara keseluruhan terpaan web series “Janji” pada penonton di Channel Youtube Tropicana slim berada pada kategori tinggi

English Abstract

Media exposure is very important to study and measure, because media exposure has a different theoretical role for the people watching depending on the content. One of them is the "Promise" web series on Tropicana Slim's Youtube Channel which has the purpose and message of a healthy lifestyle campaign "Healthy Lifesyle and Diet". The purpose of this study was to determine the exposure of the Tropicana slim web series entitled "Promise" The method used in this study was descriptive with a quantitative approach using a 4-level Likert scale questionnaire (SS, S, TS, and STS). The sample used as many as 400 "promised" web series viewers on the Tropicana Slim Youtube Channel, the minimum sample size was determined by the Slovin method. Media exposure is measured by 5 (five) dimensions (Type of Recall, Timeframe, Unit of Observation, Conceptualization and Location. The results showed that the Tropicana slim web series exposure, entitled "Promise" for each dimension, namely the Type of Recall is at a high criterion with the highest value being on the second item, the Timeframe is high with the highest average being at the third item, Unit of Observation is classified as high with the highest average value being in the third item, Conceptualization is classified as high with the highest average value being in the sixth item and Location is also classified as high with the highest average value being in the first item, so overall the web series is exposed " The promise "to the audience on the Tropicana slim Youtube Channel is in the high category

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/156/052003210
Uncontrolled Keywords: Iklan Web Series, Terpaan Media, Web Series Advertising, Media Exposure
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Nov 2020 12:10
Last Modified: 15 Nov 2020 12:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180796
[thumbnail of Jeremia Gribaldi Napitupulu (2).pdf] Text
Jeremia Gribaldi Napitupulu (2).pdf - Published Version

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item