Istigfarin, Afdah (2020) Diplomasi Publik India Pasca Serangan Di Mumbai Tahun 2008. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana suatu negara mencapai kepentingannya melalui soft power yang dimilikinya. Dalam soft power dikenal istilah diplomasi publik dimana fungsi dan tujuannya untuk mempengaruhi opini baik publik dalam negeri maupun publik luar negeri. Diplomasi publik banyak digunakan oleh negara dalam mencapai kepentigannya. Diplomasi publik juga pernah dipilih oleh salah satu negara dominan di kawasan Asia Selatan, India dalam mencapai kepentinga nasionalnya. Penelitian ini berfokus pada upaya diplomasi publik yang dilakukan oleh India pasca serangan di Mumbai tahun 2008. Serangan di Mumbai tahun 2008 merupakan serangan yang dilakukan oleh para teroris yang menargetkan tempat penting dan hotel mewah di Mumbai, India. Serangan ini menjadikan citra India buruk di mata publik internasional. Citra yang buruk tersebut berpengaruh terhadap menurunnya kepercayaan masyarakat internasional terhadap keamanan yang ada di negara tersebut sehingga berimbas pada menurunnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut. Kemudian India melakukan diplomasi publik guna memperbaiki citra negaranya pasca serangan di Mumbai tahun 2008 melalui kampanye-kampanye yang menjadikan citra India membaik kembali.
English Abstract
This research was conducted to find out how a country achieves its national interests through its soft power. In soft power, the term public diplomacy is known where its function and purpose is to influence domestic and foreign public opinion. Public diplomacy is widely used by the state in achieving its national interests. Public diplomacy has also been chosen by one of the dominant countries in the South Asian region, India in achieving its national interest.. This research focuses on public diplomacy efforts carried out by India after the Mumbai attacks in 2008. The Mumbai attacks in 2008 were attacks carried out by terrorists targeting important places and luxury hotels in Mumbai, India. This attack made India's image bad in the eyes of the international public. The bad image has an effect on the declining trust of the international community on the security in the country so that it impacts on the decreasing number of tourists visiting the country. Then India conducted public diplomacy to improve the image of the country after the Mumbai attacks in 2008 through campaigns that made India's image improved.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2020/108/052003322 |
Uncontrolled Keywords: | Soft Power, Diplomasi Publik, Citra India, Pariwisata India, Soft Power, Public Diplomacy, India Image, IndiaTourism |
Subjects: | 300 Social sciences > 327 International relations > 327.2 Diplomacy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 03:31 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180754 |
Text
Afdah Istigfarin.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |