Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimoderasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Malang Strudel)

Putri, Rafenska Nabila (2019) Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimoderasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Malang Strudel). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Malang Strudel merupakan perusahaan yang memproduksi strudel yang tergolong perusahaan baru yang berdiri pada 20 Desember 2014. Produk utama mereka adalah strudel yaitu kue yang terbuat dari pastry dan diisi dengan buahbuahan seperti jeruk, apel, pisang dan sebagainya. Banyaknya IKM berbasis produk oleh-oleh di Malang menimbulkan persaingan yang sangat ketat, khususnya bagi konsumen yang mencari oleh-oleh ciri khas Kota Malang termasuk Malang Strudel dan merek menjadi identitas utama dari sebuah produk yang dihasilkan. Merek merupakan sebuah nama, logo dan simbol yang membedakan sebuah produk atau layanan dari pesaingnya berdasarkan criteria tertentu. Ekuitas merek adalah seperangkat aset (kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek) dan lialibilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang dan jasa kepada perusahaan atau pelanggan. Keputusan pembelian adalah preferensi konsumen atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan danniat konsumen untuk membeli merek yang paling disukai. Loyalitas konsumen timbul akibat adanya keputusan pembelian konsumen yang merasa puas dengan produk tersebut. Konsumen yang merasa puas maka akan tumbuh niat untuk melakukan pembelian ulang. Konsumen yang loyal akan dengan senang hati menceritakan pengalaman pribadi mereka dalam mengkonsumsi suatu merek pada orang disekitarnya dan mengajak orang lain disekitarnya untuk ikut menggunakan dan merasakan pengalaman merek yang sama seperti yang pernah mereka rasakan. Penelitian ini dilaksanakan di Malang Strudel di Kota Malang, Jawa Timur. Penelitian dan pengolahan data dilakukan bulan Oktober 2018 sampai dengan selesai. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatan keputusan pembelian dan loyalitas konsumen dan juga agar konsumen merasa puas dengan terhadap Malang Strudel. Responden yang digunakan yaitu konsumen Malang Strudel di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah responden yang diambil pada penelitian ini yaitu sebanyak 150 responden dari hasil pergitungan tingkat keyakinan sebesar 90% dan tingkat kesalahan maksimal sampel yang masih ditoleransi sebesar 10%. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada konsumen. Untuk menganalisa data digunakan software SPSS 21.0 dan SmartPLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif terhadap hubungan antara ekuitas merek dengan keputusan pembalian konsumen. Selain hal tersebut terdapat pengaruh signifikan dan positif antara hubungan keputusan pembelian dengan loyalitas konsumen. Selain hal tersebut kepuasan dapat memoderasi secara signifikan dan positif terhadap hubungan antara keputusan pembelian dan loyalitas konsumen.

English Abstract

Malang Strudel is a company that produces strudel which is classified as a new company which was established on December 20, 2014. Their main product is strudel, a cake made from pastry and filled with fruits such as oranges, apples, bananas and so on. The large number of SMIs based on souvenir products in Malang raises very tight competition, especially for consumers who are looking for souvenirs typical of Malang City including Malang Strudel and the brand becomes the main identity of a product produced. A brand is a name, logo and symbol that distinguishes a product or service from its competitors based on certain criteria. Brand equity is a set of assets (brand awareness, perceived quality, brand association, brand loyalty) and brand lialibility related to a brand, its name and symbol that increase or decrease the value given by an item and service to a company or customer. Purchasing decisions are consumer preferences for brands that are in a collection of choices and intention of consumers to buy the most preferred brands. Consumer loyalty arises due to purchasing decisions of consumers who are satisfied with the product. Consumers who are satisfied will have the intention to repurchase. Loyal consumers will be happy to share their personal experiences in consuming a brand in the people around them and invite other people around them to use and experience the same brand as they have ever felt. This research was conducted in Malang Strudel in Malang City, East Java. Research and data processing was carried out in October 2018 to completion. The research objective is to increase purchasing decisions and consumer loyalty and also so that consumers feel satisfied with Malang Strudel. The respondents used were Malang Strudel consumers in Malang City. The sampling technique used is non probability sampling with purposive sampling technique. The number of respondents taken in this study is as many as 150 respondents from the results of the calculation of the confidence level of 90% and the maximum error rate of the sample which is still tolerated at 10%. Data collection is done by distributing questionnaires to consumers. To analyze the data used SPSS 21.0 software and SmartPLS 2.0. The results of the study show that there is a significant and positive influence on the relationship between brand equity and consumer acquisition decisions. In addition to this there is a significant and positive influence between the relationship of purchasing decisions with consumer loyalty. Besides this, satisfaction can moderate significantly and positively on the relationship between purchasing decisions and consumer loyalty

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/208/052002211
Uncontrolled Keywords: Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian, Loyalitas Konsumen, Kepuasan Konsumen, Brand Equity, Purchasing Decisions, Consumer Loyalty, Consumer Satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:44
Last Modified: 21 Oct 2021 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180521
[thumbnail of RAFENSKA NABILA PUTRI (2).pdf]
Preview
Text
RAFENSKA NABILA PUTRI (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item