Analisis Positioning Bebek Goreng Berdasarkan Bauran Pemasaran Dengan Metode Multidimensional Scalling (Studi Kasus Di Bebek Goreng H. Slamet, Malang)

Tunjung, Devinta Bunga (2019) Analisis Positioning Bebek Goreng Berdasarkan Bauran Pemasaran Dengan Metode Multidimensional Scalling (Studi Kasus Di Bebek Goreng H. Slamet, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berjalannya era globalisasi mengakibatkan pertumbuhan ekonomi dan menyebabkan terjadinya perubahan gaya hidup serta pola konsumsi masyarakat. Saat ini masyarakat cenderung memilih untuk membeli makanan di luar daripada harus memasak sendiri di rumah, dengan alasan lebih praktis dan ekonomis. Salah satu produk makanan yang digemari masyarakat dan sering dijumpai adalah bebek goreng. Rumah makan Bebek H. Slamet merupakan salah satu rumah makan yang menyediakan menu bebek goreng. Masih banyak rumah makan lain yang sejenis dan menyediakan menu bebek goreng, namun yang dianggap paling bersaing dengan Bebek H. Slamet adalah rumah makan Bebek Sinjay. Persaingan merupakan persoalan yang tidak dapat dihindari terutama dalam pasar yang makin kompetitif. Masing-masing rumah makan akan berupaya untuk memperlihatkan keunggulan produknya dan berusaha untuk menempati posisi sebagai pemimpin pasar. Salah satu usaha untuk mengetahui posisi suatu produk adalah melakukan analisis positioning. Mengingat pentingnya mengetahui posisi persaingan pasar, rumah makan Bebek H. Slamet perlu melakukan analisis positioning untuk mengetahui posisi produk berdasarkan penilaian konsumen, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang lebih baik daripada pesaingnya. Penelitian ini menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS) yang bertujuan untuk memetakan persepsi konsumen dan menganalisis posisi persaingan antar produk bebek goreng di Kota Malang. Variabel yang digunakan yaituviii Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepentingan konsumen terhadap produk Bebek Goreng di Kota Malang, serta menganalisis posisi persaingan produk Bebek Goreng H. Slamet dibandingkan dengan pesaingnya. Hasil dari Analisis Multidimensional Scaling didapatkan koordinat peta posisi dari masing-masing rumah makan yang dinyatakan dalam 2 dimensi. Nilai tersebut menunjukkan kemiripan dan jarak nilai kedekatan antar rumah makan bebek goreng. Hasil tersebut kemudian dinyatakan dalam peta posisi bebek goreng H. Slamet. Berdasarkan peta posisi tersebut didapatkan hasil yaitu keempat variabel seluruhnya terdapat di kuadran 1. Variabel produk terletak pada angka terbesar dari dimensi 1, sedangkan variabel harga, tempat, dan promosi posisinya berdekatan dan terletak pada angka terbesar dari dimensi 2.

English Abstract

Globalization has led to economic growth economic growth that caused lifestyle changing and consumption patterns. People nowadays tend to buying food outside rather than cook it themselves at home, it is considered to be more practical and economical. A food product that is popular and often found is fried duck. Bebek H. Slamet is one of restaurants that provides fried duck as their menus. There are still many other similar restaurants and provide fried duck menus, but what is considered the most competitive with Bebek H. Slamet is Bebek Sinjay. Competition is an unavoidable problem especially in increasingly competitive markets. Each restaurant will strive to demonstrate the superiority of the products and strive to occupy a position as a market leader. An effort to find out the position of a product is to conduct a positioning analysis. Bebek H. Slamet needs to conduct a positioning analysis to find out the position of the product based on consumer ratings, so that Bebek H. Slamet can fulfill what consumer needs and desires better than the competitors. This study uses the Multidimensional Scaling (MDS) method which aims to map consumer perceptions and analyze the competitive position between fried duck products in Malang City. The variables used are 4P Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion). The purpose of this study was to analyze the level of consumer interest in Fried Duck products in Malang City, and to analyze the competitive position of H. Slamet Fried Duck products compared to its competitors.x The results of the Multidimensional Scaling Analysis obtained map coordinates of the positions of each restaurant expressed in 2 dimensions. This value shows the similarity and distance between the value of the proximity of the each brand. The results then stated in the position configuration map of the Bebek H. Slamet. Based on the positioning map, the results obtained are all the variables in quadrants 1. Product variables are located in the largest number of dimensions 1, while the price, place, and promotion variables are close to each others and located at the largest number of dimensions 2

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/33/052002141
Uncontrolled Keywords: Daging Bebek, Persaingan, Positioning, Multidimensional Scaling, Fried Duck, Competition, Position, Multidimensional Scaling
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.9 Meats and allied foods
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:45
Last Modified: 21 Oct 2021 04:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180497
[thumbnail of DEVINTA BUNGA TUNJUNG (2).pdf]
Preview
Text
DEVINTA BUNGA TUNJUNG (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item