Analisis Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Bubuk Instan “Good Day” (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Prabowo, Wahyu Tri (2019) Analisis Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Bubuk Instan “Good Day” (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebuah merek yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, secara tidak langsung akan lebih sering digunakan dan dapat memunculkan komitmen untuk tetap menggunakan merek tersebut. Oleh karena itu pengetahuan tentang elemen pembangun untuk membuat ekuitas merek yang prestisius serta bagaimana pengukurannya sangat diperlukan untuk menyusun tahapan dalam meningkatkan eksistensi merek sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Fenomena tersebut sangat sering terjadi pada produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dan salah satu kategori produknya yang banyak diminati adalah kopi. Salah satu perusahaan yang berbasis produk kopi adalah PT Santos Jaya Abadi dimana produk unggulannya adalah kopi instan dalam kemasan bermerek “Good day”. Kopi instan Good Day pada tahun 2016 menempati urutan ke tiga pada Top Brand Index dengan nilai 7,0% dibawah produk Nescafe pada urutan ke dua dan Indocafe pada urutan pertama. Pada tahun 2017 produk Good Day meningkat nilai indexnya menjadi 18,4% sehingga menjadikan Good Day diurutan kedua menggeser produk Nescafe ke urutan ketiga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dimensi-dimensi ekuitas merek dengan keputusan pembelian konsumen serta variabel penyusun brand equity manakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembeliankopi Good Day instan di Universitas Brawijaya, Malang. Jumlah sampel yang diambil menggunakan metode Slovin dengan jumlah yang didapatkan 402 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Data yang diperlukan adalah data primer diperolehxiii dari responden tentang merek produk yang menjadi objek dari sumber yang ditelitidan data sekunder diperoleh dari buku-buku referensi dan internet mengenai pemasaran, merek dan datadata yang mendukung sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty sebagai penyusun brand equity berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Nilai dari signifikansi tersebut adalah 0,19 untuk variabel brand awareness; 0,22 untuk variabel brand association; 0,13 untuk variabel perceived quality; dan 0,35 untuk variabel brand loyalty. Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian adalah brand loyalty.

English Abstract

A brand that can statisfy consumers will be used and can bring commitment to keep use its brand, indirectly. Therefore the company need to improve their knowledge of building elements to create prestigious brand equity and how to measure it, so that they can organized plan to keep develop brand existence that can increase their profit. This phenomenon is very common happen in the product Fast Moving Consumer Goods (FMCG) and one of the many popular product category is coffee. One company based coffee product is PT Santos Jaya Abadi where their products are packaged instant coffee branded "Good Day". In 2016, Good Day instant coffee ranked third on the Top Brand Index with a value of 7.0% under Nescafe in second place and Indocafe in first place. In 2017, Good Day products increased the index value to 18,4%, making Good Day in second place and shifting Nescafe products to third place. This research aims to find out the relationship between the dimensions of brand equity and consumer purchasing decisions and the variables as elements of brand equity which are the most dominant ones influence the decision to purchase Good Day instant coffee in Universitas Brawijaya, Malang. The sample used in this study were 402 respondents drawn using Slovin method and analysis of data used is Partial Least Square (PLS). Knowledge and anwer respondents about brand “Good Day” are needed as primary data. Secondary data obtained from references such as books, journals and internet about marketing, brand and others data that supporting this study. Based on the study findings that brand awareness, brand association, perceived quality and brand loyalty as elements ofxv brand equity positively impact to consumer purchasing decisions. The significant value of brand awareness variable 0,19; brand association variable 0,22; perceived quality variable 0,13; brand loyalty variable 0,35 on purchase decision. Brand loyalty is the most dominant variable influence on purchase decision

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/199/052002202
Uncontrolled Keywords: Good Day, Kopi, Merek, Pemasaran, Good Day, Coffee, Brand, Marketing
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:59
Last Modified: 21 Oct 2021 06:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180337
[thumbnail of WAHYU TRI PRABOWO (2).pdf]
Preview
Text
WAHYU TRI PRABOWO (2).pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item