Hubungan Paparan Iklan Kosmetik Pencerah Kulit dengan Citra diri Remaja Putri Usia 15-18 Tahun di SMA Negeri 9 Kota Malang.

Sholicha, Rochima Wachidatus (2019) Hubungan Paparan Iklan Kosmetik Pencerah Kulit dengan Citra diri Remaja Putri Usia 15-18 Tahun di SMA Negeri 9 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Remaja putri memiliki kecenderungan mengambil perhatian teman sebaya atau lawan jenis dengan menonjolkan penampilan fisik, salah satunya yang mudah terlihat adalah memperhatikan warna kulit. Pandangan remaja dalam melihat penampilannya akan menciptakan pola pikir yang akan membentuk citra diri. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan paparan iklan kosmetik pencerah kulit dengan citra diri remaja putri usia 15-18 tahun di SMA Negeri 9 Kota Malang. Metode penelitian menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 128 siswi kelas XI di SMA Negeri 9 Kota Malangyang dipilih dengan menggunakan teknik probably sampling dengan proporsional random sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar kuisioner. Mayoritas remaja putri yang menjadi responden dalam penelitian ini mendapat paparan iklan kosmetik pencerah kulit yang cukup dan memiliki citra diri yang rendah. Hasil uji statistik spearman rank mempunyai p value 0,03 dan nilai koefisien korelasi spearman sebesar -0,192. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara paparan iklan kosmetik pencerah kulit dengan citra diri remaja putri usia 15-18 tahun. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk remaja putri yaitu setiap individu remaja putri perlu meningkatkan citra diri untuk mencegah masalah krisis citra diri dalam dirinya dengan lebih memperhatikan lingkungan sekitar salah satunya paparan iklan yang diterima.

English Abstract

Young women have a tendency to take the attention of peers or the opposite sex by emphasizing physical appearance, one of which is easily seen is paying attention to their skin color. Adolescent views on seeing their physical appearance will creat a mindset which will form a self-image. The purpose of this study was to determine the association between the exposure of skin lightening cosmetics advertisements with the self-image of adolescent girls aged 15-18 years in SMA Negeri 9 Malang. This study used observational analytic with a cross-sectional study design. Respondents in this study amounted to 128 students from class XI in SMA Negeri 9 Malang, which were selected using a possible sampling technique with proportional random sampling. Data collection instruments using questionnaire sheets. The majority of young women who were participating in this study received sufficient exposure to skin lightening cosmetics ads and had a low self-image. Spearman rank statistical test results have a pvalue of 0.03 and spearman correlation coefficient value of -0.192. The results of this study can be concluded that there is a relationship between the exposure of skin lightening cosmetics advertisements with the self-image of young women aged 15-18 years. It is recommended to pay attention to the exposure of advertisements received to maintain a good self-image and prevent the occurrence of self-image crisis problems in young women.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/435/052001437
Uncontrolled Keywords: Paparan Iklan, Citra Diri, Remaja Putri, Cosmetic Advertisement, Self Image, Adolescence Girl
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.6 Personal safety and special topics of health
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:16
Last Modified: 25 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180295
[thumbnail of Rochima Wachidatus Sholicha.pdf]
Preview
Text
Rochima Wachidatus Sholicha.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item