Penampilan Produksi Fase Prasapih Pada Sapi Bali Dan Peranakan Ongole

Sibghotulloh, Mohammad (2019) Penampilan Produksi Fase Prasapih Pada Sapi Bali Dan Peranakan Ongole. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan akan sumber protein hewani di indonesia meningkat sejalan dengan pertumbuhan masyarakat indonesia, tingginya tingkat kesadaran masyarakat indonesia akan kebutuhan gizi yang baik mengakibatkan kebutuhan pada sektor peternakan meningkat. Proses untuk mendapatkan hasil ternak yang baik dapat dimulai pada fase awal yaitu fase prasapih. Pertumbuhan prasapih mempunyai pernanan penting dalam pertumbuhan ternak selanjutnya, salah satunya adalah ukuran tubuh pedet dan pertambahan bobot badan. Sapi Bali mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap lingkungan yang buruk seperti daerah yang bersuhu tinggi, mutu pakan yang rendah, dan lain-lain. Sapi Pernakan Ongole (PO) dilihat dari tingkat keunggulan memiliki kemampuan seperti daya adaptasi di iklim tropis yang tinggi, tahan terhadap panas, tahan terhadap gangguan parasit dan daya cerna yang baik terhadap pakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 – Februari 2017 di Loka Penelitian Sapi Potong Grati, Pasuruan, Jawa Timur. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karateristik penampilan produksi prasapih pada sapi Bali dan Peranakan Ongole (PO), yang diukur dari PBB, Morfologi tubuh yang meliputi panjang badan, tinggi gumba, ligkar dada, dan bobot badan. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk memilih sapi bakalan yang baik berdasarkan penampilan produksi dari masa prasapih, sehingga dapat digunakan untuk melakukan seleksi dan kontrol terhadap pertumbuhan sapi dengan kualitas penampilan produksi yang baik. Materi yang digunakan dalam penilitan ini adalah sapi Bali dan Peranakan Ongole (PO) masing masing sebanyak 5 dan 10 ekor pada periode prasapih. Metode yang digunakan secara purposive sampling yang berarti pengambilan sampel dilakukan berdasarkan kriteria tertentu. Variabel yang di amati meliputi bobot badan, panjang badan, tinggi gumba, lingkar dada, dan PBB. Data diperoleh dengan cara pengukuran secara langsung pada ternak dilakukan 3 minggu sekali. Hasil yang diperoleh dalam pengamatan perbedaan penampilan produksi prasapih Sapi Bali dan Peranakan Ongole. Bobot badan Sapi Peranakan Ongole berbeda signifikan dengan bobot badan Sapi Bali pada waktu pengamatan ke 3. Sedangkan bobot badan Sapi PO dan Sapi Bali pada waktu pengamatan ke 1, 2 dan 4 tidak berbeda signifikan (P>0,05).Tinggi gumba depan Sapi PO dan Sapi Bali pada waktu pengamatan ke 2, 3 dan 4 memiliki nilai signifikansi masing-masing kurang dari 0,05 (P<0,05). Tinggi gumba belakang Sapi PO berbeda signifikan dengan tinggi gumba belakang Sapi Bali pada seluruh waktu pengamatan. Lingkar dada Sapi PO berbeda signfikan dengan Sapi Bali pada waktu pengamatan ke 1,2, dan 3. Panjang badan Sapi Peranakan Ongole berbeda signifikan dengan panjang badan Sapi Bali pada seluruh waktu pengamatan. Dapat disimpulkan bahwa pertambahan bobot harian Sapi PO tidak berbeda signifikan dengan pertambahan bobot harian Sapi Bali.

English Abstract

The purpose of this research was to find out the appearance production from Bali cattle and Ongole crossbreed cattle using average daily gain and morphology that cover the length , width, height, chest circumference and body weight. The method used in this research is purposive sampling survey from age 0 – 12 weeks, from October 2016 until February 2017. The material used in this research is Bali cattle 5 and Ongole crossbreed 10 and data obtained 3 weeks once, until 4 repetition. The result of the data analysis shows average daily gain from Bali cattle and Ongole crossbreed in Preweaning phase does not significant different (P>0.05). Body weight Bali cattle and Ongole crossbreed different significant (p>0.05). It concluded that in 4 times repetition Ongole crossbreed cattle performance production in length body, width height, chest circumference, weight, but in the other hand it is average daily gain does not have significant different.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/335/051910121
Uncontrolled Keywords: Performance, Avarage Daily Gain (ADG), Morphology, Bali Cattle, Ongole Grade Cattle
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.2 Cattle and related animals > 636.21 Cattle for specific purposes > 636.213 Beef / Crackers / Cattle--Carcasses / Beef cattle--Carcasses
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:53
Last Modified: 19 Oct 2021 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179751
[thumbnail of Mohammad Sibghotulloh - Copy.pdf]
Preview
Text
Mohammad Sibghotulloh - Copy.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item