Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Pelayanan (SIP) Menggunakan Metode E-Govqual (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember)

Hendarta, Rozi (2019) Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Pelayanan (SIP) Menggunakan Metode E-Govqual (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai bentuk tanggung jawab dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat melalui implementasi e-Government, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember mengembangkan website Sistem Informasi Pelayanan (SIP) sebagai salah satu langkah mewujudkan good governance. Harapannya adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan dan kemudahan aksesibilitas pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk menilai kualitas layanan website SIP Jember menggunakan framework e-GovQual. Tujuannya adalah mendapatkan prioritas pengembangan website SIP. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan melibatkan 100 responden. Seluruh pernyataan penelitian, disusun berdasarkan dimensi e-GovQual menggunakan skala likert. Terdapat 21 pernyataan yang mewakili atribut dari dimensi e-GovQual. Pernyataan tersebut diuji menggunakan Cronbach’s α. Proses pengolahan datanya menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk mendapatkan faktor-faktor utama yang mempengaruhi masing-masing dimensi e-GovQual. Dari rerata nilai communalities setiap dimensi, diketahui bahwa prioritas tertinggi terletak pada dukungan masyarakat (0,739), diikuti kepercayaaan (0,670), keandalan (0,627), dan efisiensi (0,587).

English Abstract

As a form of government responsibilities and services to the citizen through the implementation of e-Government, the Department of Population and Civil Registration of Jember Regency developed the Service Information System (SIP) website as a step to realize a good governance. The aim is to increase efficiency, comfort and ease of accessibility of services to the community. This research is conducted in order to assess the quality of SIP Jember website service using the e-GovQual framework. The goal is to get the priority of developing SIP website. This research is a quantitative research involving 100 respondents. All research statements were arranged by the e-GovQual dimension using the Likert scale. There are 21 statements representing the attributes of the e-GovQual dimension. Those were tested using Cronbach’s α. The data was processed using Confirmatory Factor Analysis (CFA) to get the main factors that affect each dimension of e-GovQual. From the average value of communalities for each dimension, it is known that the highest priority lies in citizen support (0.739), followed by trust (0.670), reliability (0.627), and efficiency (0.587).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/712/052001195
Uncontrolled Keywords: e-Government, e-GovQual, prioritas, kualitas, layanan, website
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.4 Research > 001.43 Descrptive and experimental methods
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jul 2020 12:39
Last Modified: 31 Jul 2020 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179471
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item