-, Sholahuddin J H R (2019) Efektivitas Website Sebagai Media Komunikasi Pada Wisata Coffee And Cocoa Science Techno Park (Coco Park) Desa Nogosari, Rambipuji, Jember, Jawatimur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pariwisata merupakan rangkaian aktivitas dan penyediaan layanan baik untuk kebutuhan atraksi wisata, transportasi, akomodasi dan layanan lain yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan seseorang atau sekelompok orang untuk sementara waktu (Suigama, 2013). Salah satu pariwisata yag berpotensi meningkatkan kesejahteraan adalah agrowisata. Pengingkatan potensi suatu agrowisata tentunya harus diikuti dengan promosi wisata agar dapat dikenal masyarakat luas. Melihat dari masyarakat sekarang yang serba internet, hal ini terbukti dengan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII, 2017) bahwa Jumlah pengguna internet tahun 2017 telah mencapai 143,26 juta jiwa atau setara dengan 54,68 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Melihat banyaknya pengguna internet di Indonesia, banyak perusahaan yang menggunakan media komunikasi untuk mempromosikan atau mengenalkan produk yang mereka miliki melalui media media berbasis internet (Nurgiyantoro, 2014). Salah satu media berbasis internet yang mempunyai banyak keunggulan adalah website. Website mempunyai banyak keunggulan karena dapat memuat konten berupa gambar, audio, visual, audiovisual dan teks. Keunggulan ini banyak dimanfaatkan perusahaan untuk mempromosikan atau mengnalkan produknya kepada masyarakat luas. Salah satu wisata yang menggunakan website sebagai media komunikasinya adalah wisata Coffee and Cocoa Science Technopark (Coco Park) yang terletak di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Jember, Jawa Timur. Wisata Coco Park merupakan salah satu inovasi yang dimiliki oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (PUSLITKOKA) Indonesia untuk memperkenalkan adopsi dan inovasi teknologi tanaman kopi dari mulai hulu sampai hilir. Coco Park menggunakan media website sebagai media komunikasi untuk mendukung media yang sebelumnya telah digunakan yaitu media Word of mouth dan brosur. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan media komunikasi website Coffee and Cocoa Science Techno Park (Coco Park). (2) Mendeskripsikan karakteristik pengunjung website website Coffee and Cocoa Science Techno Park (Coco Park). (3) Menganalisis unsur website website Coffee and Cocoa Science Techno Park (Coco Park). (4) Menganalisis unsur website website Coffee and Cocoa Science Techno Park (Coco Park) memenuhi kebutuhan penggunanya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif yang didukung dengan metode kualitatif. Metode penentuan responden dan key informan dilakukan dengan purposive sampel. Responden diambil dari wisatawan Coco Park dengan persyaratan telah mengetahui atau menggunakan website, dan key informan diambil dari manajer pengelola wisata Coco Park. Metode analisis data menggunakan analisis tabulasi sederhada yang dibantu dengan aplikasi Microsoft Excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penilaian responden terhadap unsur website usability memperoleh nilai 7,9 dengan kategori baik, unsur desain visual memperoleh nilai 13,4 dengan kategori baik, unsur kontenii memperoleh nilai 11,1 dengan kategori baik, d3an unsur kelengkapan dan kejelasan informasi memperoleh nilai 14,4 dengan kategori sedang. Hasil dari pemenuhan kebutuhan wisatawan dari unsur website memperoleh hasil kebutuhan kognitif individu terpenuhi namun sedang saja, kebutuhan afektif individu terpenuhi, kebutuhan integrasi pribadi individu terpenuhi, kebutuhan integrasi soaial individu terpenuhi dan kebutuhan pelarian individu terpenuhi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa website yang digunakan sebagai media komunikasi wisata Coco Park sudah termasuk efektif karena dapat meme nuhi empat dari lima kebutuhan individu.
English Abstract
Tourism is a series of activities that provide services both for the needs of tourist attractions, transportation, accommodation and other services aimed at meeting the travel needs of a person or group of people for a while (Suigama, 2013). One of the tourism potentials to improve welfare is agrotourism. Increasing the potential of agrotourism, of course, must be followed by tourism promotion to be known to the wider community. Looking at the current behavior of the internetbased community, this is proven by data from the Association of Indonesian Internet Service Providers (APJII, 2017) that the number of internet users in 2017 have reached 143.26 million people, equivalent to 54.68 percent of the total population of Indonesia. Seeing the number of internet users in Indonesia, many companies use communication media to promote or introduce their products through internet-based media (Nurgiyantoro, 2014). One internet-based media that have many advantages is a website. Website has many advantages because it can contain content in the form of images, audio, visual, audiovisual and text. These advantages are used by many companies to promote or introduce their products to the wider community. One of the tours that use the website as a communication medium is the Coffee and Cocoa Science Technopark (Coco Park) tour located in Nogosari Village, Rambipuji District, Jember, East Java. Coco Park Tourism is one of the innovations owned by the Indonesian Coffee and Cocoa Research Center (PUSLITKOKA) to introduce the adoption and innovation of coffee plant technology from upstream to downstream. Coco Park uses website media as a communication medium to support media that have previously been used, namely Word of mouth media and brochures. The purpose of this study for : (1) To describe communication media the Coffee and Cocoa Science Techno Park (Coco Park). (2) To describe the characteristics of Coffee and Cocoa Science Techno Park (Coco Park) website visitors. (3) Analyzing element of website Coffee and Cocoa Science Techno Park (Coco Park). (4) Analyze the extent to which elements of the website Coffee and Cocoa Science Techno Park (Coco Park) meet the needs of website users. This research was conducted with quantitative methods supported by qualitat ive methods. The method of determining respondents and key informants is done by purpose sampling. Respondents were taken from Coco Park tourists on the condition that they already knew or used the website, and key informants were taken from the Coco Park tour manager. The method for analysis data using simple tabulation analysis assisted with Microsoft Excel applications. The results of this study indicated that the results of respondents ratings of website usability elements score 7.9 with good category, visual design elements score 13.4 with good category, content elements score 11.1 with good category, and completeness and clarity information obtained a value of 14.4 in the medium category. The results of meeting the needs of tourists from elements of the website get the results of individual cognitive needs are met but only moderate, individualiv affective needs are met, individual personal integration needs are met, individual social integration needs are met and individual escape needs are met. These results indicate that the website used as Coco Park tourism communication media is effective because it can fulfill four out of five individual needs
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2019/888/052000895 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 02:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179226 |
Preview |
Text
Sholahuddin J H R (2).pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |