Ningtyas, Riri Fitriana Dwi (2019) Representasi Maskulinitas Dalam Tayangan Drama Korea Selama 1 Dekade. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media massa merupakan alat komunikasi yang berfungsi memberi dan menyebarkan informasi, serta memberikan hiburan bagi audiens salah satunya melalui drama televisi. Tidak hanya serial drama dalam negeri saja yang ditayangkan di pertelevisian Indonesia, tetapi drama luar negeri juga, salah satunya adalah Drama Korea (K-Drama). Tayangan K-Drama menjadi sangat diminati tidak hanya karena ceritanya, tapi juga didukung oleh akting dan penampilan pemain yang menarik, salah satunya adalah pemain laki-laki. Penggambaran sosok laki-laki dalam tayangan K-Drama yang berbeda dengan pandangan Barat/Hegemonik menjadi salah satu konstruksi dalam pembentukan konsep diri, khususnya konsep gender audiens. Penelitian ini merupakan studi tentang representasi maskulinitas dalam tayangan K-Drama selama 1 dekade (2009-2018). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deksriptif dengan metode penelitian analisis isi kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa representasi maskulinitas setiap tokohnya berbeda dan tiap tokoh dapat merepresentasikan lebih dari satu jenis maskulinitas. Selain itu, physical appearance menjadi sarana dalam menyampaikan ulang bagaimana representasi maskulinitas dalam tayangan K-Drama. Konsep maskulinitas yang paling besar direpresentasikan adalah konsep maskulinitas metroseksual.
English Abstract
Mass media is a communication tool that the functions are to provide and to spread information, also to provide entertainment for the audience. One form of entertainment provided by the mass media that having much in demand is television drama. Not only the domestic drama series that aired on Indonesian television, foreign dramas is also aired, one of which is Korean Drama (K-Drama). K-Drama shows became very popular not only because of the story, but also supported by the acting and the appearance of the attractive actors, one of which is the male actors. The depiction of male figures in K-Drama shows which are different from Western / Hegemonic views becomes one of the constructions in forming of self-concept, especially the concept of audience’s gender. This research is a study of the representation of masculinity in K-Drama shows in 1 decade (2009-2018). This research uses descriptive qualitative research with a research method used is qualitative content analysis. The results of this study indicate that the masculinity representation of each character is different and each character can represent more than one type of masculinity. In addition, physical appearance becomes a tool in re-conveying the representation of masculinity in K-Drama shows. The concept of masculinity that is most represented is the concept of metrosexual masculinity
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/1091/052000622 |
Uncontrolled Keywords: | representasi, maskulinitas, K-Drama, analisis isi kualitatif-representation, masculinity, K-Drama, qualitative content analysis |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Agus Wicaksono |
Date Deposited: | 17 Oct 2020 02:55 |
Last Modified: | 17 Oct 2020 02:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179115 |
Actions (login required)
View Item |