Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Loyalitas Konsumen Kopi Cr1 (Studi Pada Pemilik Usaha Kopi Seduh)

Prasetyo, Fastryan Adhil (2019) Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Loyalitas Konsumen Kopi Cr1 (Studi Pada Pemilik Usaha Kopi Seduh). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan meningkatnya permintaan produk kopi dan pengetahuan konsumen dalam memutuskan pembelian terhadap suatu produk yang semakin berkualitas. Hal tersebutlah yang membuat perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kopi berlomba dalam meningkatkan dan mempertahankan loyalitas konsumen nya agar dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen adalah kelompok acuan. Kelompok ini dapat berfungsi sebagai titik perbandingan dan sumber informasi bagi seorang individu (konsumen). Semakin besar kepercayaan individu terhadap kelompok sebagai sumber informasi yang benar, semakin besar pula kemungkinan untuk mengikuti pendapat kelompok. Perusahaan CV Linggar Sentosa sebagai penghasil produk kopi CR1 belum memiliki strategi pemasaran yang melekat kuat di benak konsumen dan sebagian konsumen memilih mencari tahu, atau ingin mengenal sebuah brand terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi brand tersebut hingga konsumen melakukan pembelian. Berdasarkan kelompok acuan dalam penelitian ini sesama pemilik kedai kopi jumlah kedai kopi yang telah menggunakan produk CR 1 ada sebanyak 217 kedai untuk wilayah Jawa Timur, kelompok ini saling mempengaruhi satu sama lain untuk mengubah perilaku konsumen. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa kelompok acuan merupakan faktor dominan terjadinya loyalitas konsumen pemilik usaha kopi seduh pengguna produk kopi CR1. Dengan ini dapat diketahui peneliti setelah melakukan proses analisis distribusi frekuensi yaitu variabel kelompok acuan dalam penelitian ini mampu menjabarkan dan mempengaruhi variabel loyalitas konsumen sebesar 60,3%, dan 39,7 % sisanya mampu dijelaskan oleh variabel selain kelompok acuan, yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

English Abstract

The high demand for coffee products and consumer’s knowledge about quality was increasing. For that reason, company wanted to engage more with their customers to increase their sales and maintaining customer loyalty in order to maintain the survival of the company. One factor that could affect consumers is the orientation group. This group could help as a diversion point and source of information for individuals (consumers). The greater the individual's trust in the group as the correct source of information, the greater would follow the group's opinion. The company, CV Linggar Sentosa, as a producer of CR1 coffee products did not have a marketing strategy yet that could make their consumers loyal to them. some consumers wanted to know a brand first before consuming the products, or before making a purchase. Based on the reference group in this study, fellow coffee shop owners. Second, there were 217 coffee shops that have used CR 1 products for the East Java region. This group influenced one another to change consumer behaviour. The results of this study found that the Reference group was the dominant factor in the occurrence of consumer loyalty of coffee business owners who use CR1 coffee products. This could be known by researchers after conducting the frequency distribution analysis process, the reference group variable in this study was able to describe and influence the consumer loyalty variable by 60.3%, and the remaining 39.7% could be explained by variables other than the reference group, which were not included in the this research

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1081/052000616
Uncontrolled Keywords: Kelompok Acuan, Loyalitas Konsumen-Reference Group, Consumer Loyalty
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.230 8 Groups of people
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:55
Last Modified: 19 Oct 2020 04:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178795
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item