Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendidikan Terhadap Mutu Kegiatan Pembelajaran (Studi Pada SDN Ketintang 1/409 Kota Surabaya)

Permatasari, Nikita Ericka (2019) Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendidikan Terhadap Mutu Kegiatan Pembelajaran (Studi Pada SDN Ketintang 1/409 Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses belajar yang dilakukan untuk membentuk manusia yang berkualitas, memiliki daya saing tinggi dan berprestasi. Pendidikan berkualitas muncul apabila terdapat sekolah yang mempunyai kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar. Menurut Rohiat (2013) keberadaan sarana dan prasarana pendidikan mutlak dibutuhkan dalam proses pendidikan karena berpengaruh fterhadap mutu pembelajaran, sehingga termasuk ke dalam komponen-komponen yang harus dipenuhi dalam melaksanakan proses pendidikan. Tanpa sarana dan prasarana pendidikan, proses pendidikan akan mengalami kesulitan dan mutu pembelajaran akan berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana pendidikan terhadap mutu pembelajaran di SDN Ketintang 1/409 Surabaya. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana pendidikan. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah mutu kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN Ketintang I/409 Kota Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Ketintang I/409 Kota Surabaya. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 siswa dan siswi yang dipilih menggunakan teknik probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana dan prasarana pendidikan dalam keadaan sangat baik. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis perolehan skor rata-rata variabel sarana dan prasarana pendidikan sebesar 4,24 yang terletak pada interval 4,2-5. Hasil analisis rata-rata variabel mutu kegiatan pembelajaran sebesar 4,23 yang terletak pada interval 4,2-5. Hal ini menunjukkan bahwa mutu kegiatan pembelajaran adalah sangat baik. Berdasarkan Uji SPSS 25.0 baik dalam membandingkan nilai t maupun melihat nilai sig. Diketahui nilai sig variabel sarana dan prasarana adalah 0,007. Nilai tersebut dibawah standar sig 0,05 yang berarti variabel independent atau sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap variabel mutu Pendidikan dan sesuai dengan teori Rohiat (2013) yang menyatakan bahwa sarana dan prasarana berpengaruh terhadap mutu pembelajaran.

English Abstract

Education is a learning process carried out to form quality human beings, have high competitiveness and achievement. Quality education appears if there are schools that have complete facilities and infrastructure to support the teaching and learning process. According to Rohiat (2013) the existence of educational facilities and infrastructure is absolutely necessary in the education process because it influences the quality of learning, so that it is included in the components that must be fulfilled in implementing the educational process. Without educational facilities and infrastructure, the educational process will experience difficulties and the quality of learning will be reduced. This study aims to determine the effect of educational facilities and infrastructure on the quality of learning in SDN Ketintang 1/409 Surabaya. The independent variable used in this study is educational facilities and infrastructure. While the dependent variable used in this study is the quality of learning activities. This research was conducted at SDN Ketintang I / 409 Surabaya. The population used in this study were all students in SDN Ketintang I / 409 Surabaya. While the sample used in this study were 30 students and were selected using probability sampling techniques. The results of this study indicate that educational facilities and infrastructure are in very good condition. This is evidenced from the results of the analysis of the acquisition of an average score of educational facilities and infrastructure variables of 4.24 located at intervals of 4.2-5. The results of the analysis of the average variable quality of learning activities amounted to 4.23 located at intervals of 4.2-5. This shows that the quality of learning activities is very good. Based on the SPSS Test 25.0 both in comparing the value of t and see the value of sig. The sig value of the facility and infrastructure variable is known to be 0.007. This value is below the sig standard of 0.05 which means that the independent variable or infrastructure has a significant effect on the variable quality of education and in accordance with the theory of Rohiat (2013) which states that facilities and infrastructure affect the quality of learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/855/052001016
Uncontrolled Keywords: Sarana dan prasarana pendidikan, mutu kegiatan pembelajaran Educational facilities and infrastructures, Quality of learning activities
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.33 Teaching aids, equipment, materials
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 12 Oct 2020 09:00
Last Modified: 21 Oct 2021 01:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178712
[thumbnail of Nikita Ericka Permatasari.pdf]
Preview
Text
Nikita Ericka Permatasari.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item