Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Konsumen Celana Jeans Levi’s di Indonesia dan Malaysia)

Wahyudi, Ilham (2019) Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Konsumen Celana Jeans Levi’s di Indonesia dan Malaysia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Globalisasi dan pasar bebas yang terjadi saat ini telah meningkatkan iklim persaingan bisnis menjadi sangat ketat. Perusahaan juga terus bertambah dan saling berlomba untuk menguasai pasar, untuk menjadi pemain unggul dalam pasar salah satu faktor penting yang harus dimainkan oleh perusahaan adalah peran pemasaran. Strategi pemasaran yang tepat menjadi kunci dalam memenangkann persaingan bisnis, salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk menghadapi persaingan bisnis saat ini adalah strategi merek (brand strategy). Strategi tersebut dapat diterapkan dengan menciptkan Citra Merek dan Kesadaran Merek pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari variabel Citra Merek (X1) dan variabel Kesadaran Merek (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) celana jeans merek Levi’s di Indonesia dan Malaysia. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, metode penelitian menggunakan metode survey online. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang responden, dengan teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek dan Kesadaran Merek berpengaruh signifikan secara parsial atau sendiri-sendiri terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Citra Merek dan variabel Kesadaran Merek berpengaruh secara secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Kesadaran Merek merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian.

English Abstract

The current globalization and free-market have increased the business competition climate to be very fierce. Companies also continue to grow and compete with each other to dominate the market, to become a superior player in the market one important factor that must be played by the company is the role of marketing. The right marketing strategy is the key to winning the business competition, one of the strategies that can be applied to deal with the business competition today is the brand strategy. This strategy can be applied by creating Brand Image and Brand Awareness to consumers. This study aims to determine and explain the influence of the Brand Image variable (X1) and Brand Awareness variable (X2) on the Purchase Decision (Y) of Levi’s jeans brand in Indonesia and Malaysia. This type of research is explanatory research with a quantitative approach, research methods using online survey methods. Samples obtained in this study were 120 respondents, with a sampling technique that is nonprobability sampling with an accidental sampling approach. The analytical method used is descriptive statistical analysis and multiple linear analysis. The results of this study indicated that the Brand Image and Brand Awareness variables have a significant or partially significant effect on Purchasing Decisions. Brand Image Variable and Brand Awareness variable influence jointly on Purchasing Decisions. The Brand Awareness Variable is the variable that has the most dominant influence on the Purchase Decision variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/852/052001018
Uncontrolled Keywords: Citra Merek (Brand Image), Kesadaran Merek (Brand Awareness), Keputusan Pembelian Brand Image, Brand Awareness, Purchasing Decisions
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:29
Last Modified: 21 Oct 2021 01:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178700
[thumbnail of Ilham Wahyudi.pdf]
Preview
Text
Ilham Wahyudi.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item