Permasalahan Tata Ruang Dalam Pada Pasar Terpadu Dinoyo Malang

Bakhtiar, Wisnu (2019) Permasalahan Tata Ruang Dalam Pada Pasar Terpadu Dinoyo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tata ruang dalam merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan Pasar Tradisional. Tata ruang yang baik dapat menunjang aktivitas belanja sehingga mengundang pembeli untuk terus datang. Adanya pemusatan aktivitas di sebagian titik menunjukkan adanya permasalahan pada tata ruang dalam Pasar Terpadu Dinoyo Malang hingga menyebakan dead area di berbagai titik dalam pasar. Untuk mengetahui penyebab permasalahan yang terjadi dilakukan penilaian tata ruang dalam berdasarkan pada kriteria penataan Pasar Tradisional. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengamatan dilakukan pada aspek tata ruang dalam dan akses visual sebagai variabel amatan. Aspek yang diamati pada tata ruang dalam yaitu zonifikasi, pintu masuk, tangga, koridor dan rangkaian ruang niaga. Untuk aspek amatan pada akses visual yaitu sistem penanda dalam pasar. Masing-masing aspek amatan dianalisis dan dilakukan penilaian pada 6 kriteria penataan Pasar Tradisional, yaitu aksesibilitas, keselamatan, kesehatan, kenyamanan, estetika dan kecukupan. Hasil analisis dan penilaian 6 kriteria untuk masingmasing aspek akan menunjukkan bagian yang kurang dari seluruh aspek amatan sehingga mengakibatkan permasalahan pada tata ruang dalam pasar. Kajian menunjukkan penyebab permasalahan tata ruang dalam pada Pasar Terpadu Dinoyo Malang adalah aspek zonifikasi yang tidak konsisten hingga menyebabkan pemusatan aktivitas di beberapa titik. Pengunjung pasar cenderung memenuhi area yang menyediakan komoditas terlengkap sehingga area lain menjadi kurang strategis bagi pedagang. Beberapa area lebih banyak dijauhi pedagang karena tidak mendapatkan arus pengunjung yang cukup sehingga menjadi dead area. Selain itu zonifikasi yang kurang konsisten mengakibatkan aspek akses visual berupa sistem penanda menjadi kurang berfungsi dengan baik dalam membantu pengunjung untuk memberikan informasi sebagaimana mestinya.

English Abstract

Spatial planning is one of the determining factors in the success of Traditional Markets. Good spatial planning can support shopping activities so as to invite buyers to keep on coming. Concentration of activity at most points shows the importance of spatial planning in the Pasar Terpadu Dinoyo Malang that cause dead areas at various points in the market. To find out the causes that occur in spatial planning based on the traditional market arrangement criteria. Data collection was carried out qualitatively and analyzed using qualitative descriptive methods. Observations were made on aspects of spatial planning and visual access as observational variables. Changed aspects of spatial planning in zoning, entrances, stairs, corridors and commercial space series. For the observation aspect of visual access, it is signage in the market. Each aspect is analyzed and carried out on 6 traditional market arrangement criteria, namely accessibility, safety, health, comfort, aesthetics and sufficiency. The results of the analysis and assesments of the 6 criteria for each aspect will indicate a lack of all aspects of the observation tjat cause proplem to the spatial planning. The study said that the causes of spatial problems in the Pasar Terpadu Dinoyo is inconsistency of zonification aspect that cause the activity concentration at some point. Market visitors like to meet the area that has complete commodity that made others area less strategic for traders. Some areas are more avoided by visitors because it does not get enough flow and become dead areas. In addition, zonification which is inconsistent resulted in the aspect of visual access in the form of signage system being less functioning properly in helping visitors to give information as they should.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/1011/052000374
Uncontrolled Keywords: pasar tradisional, tata ruang dalam, zonifikasi, traditional markets, spatial planning, zonification
Subjects: 700 The Arts > 725 Public structures > 725.2 Commercial and communications buildings > 725.21 Retail trade buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Sep 2020 06:17
Last Modified: 24 Oct 2021 14:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178389
[thumbnail of WISNU BAKHTIAR (2).pdf]
Preview
Text
WISNU BAKHTIAR (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item