Abdul, Aziz (2019) Correlation Between Communication Apprehension And Academic Achievement Of Efl Students At Brawijaya University. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berbicara adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dikuasai dalam belajar bahasa Inggris. Namun, itu adalah sebuah tantangan besar bagi pelajar bahasa Inggris untuk menguasai keterampilan berbicara karena ada beberapa kendala yang mempengaruhi performa berbicara mereka. Salah satu faktor paling signifikan di dalam kelas bahasa kedua atau asing adalah kecemasan berbicara atau takut berbicara. Saat peserta didik berbicara dalam bahasa asing, ketakutan komunikasi dapat muncul karena kemampuan berbicara mereka yang tidak memadai. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Kecakapan komunikasi siswa dan capaian akademik mereka serta korelasi di antaranya. Subjek penelitian ini adalah 100 mahasiswa semester tiga dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan korelasional kuantitatif. Kuesioner yang digunakan adalah Foreign Language Classroom Anxiety. Karena data yang dikumpulkan dalam bentuk angka, penulis menghitung angkanya dengan menggunakan perangkat lunak bernama SPSS 21. Studi ini mengungkapkan bahwa tingkat kecemasan komunikasi siswa dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu tinggi (14%), sedang (64%), dan rendah (22%). Selain itu, dalam capaian akademik siswa ditemukan bahwa nilai tertinggi yang diperoleh adalah A (4,0) sedangkan nilai terendah yang diperoleh adalah B (3,0). Dan lagi, dari hasil uji korelasi Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,307 dengan nilai signifikansi 0,002. Hal tersebut menunjukkan bahwa korelasinya lemah dan ada korelasi negatif (p <0,05) antara kecemasan komunikasi siswa dan pencapaian akademik. Hasil tersebut tidak menunjukkan korelasi yang kuat. Ini berarti hal tersebut tidak menjamin bahwa siswa dengan tingkat kecemasan komunikasi yang tinggi selalu mempunyai pencapaian akademik yg buruk. Akhir kata, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian kualitatif yang lebih komprehensif mengenai variabel terkait.
English Abstract
Speaking is one of the most important skills that should be mastered in learning English. However, it is a big challenge for English learners to master speaking skill because there are some obstacles that influence their speaking performance. One of the most significant factors in a second or foreign language classrooms is speaking anxiety or fear of speaking. Once learners speak in foreign language, communication apprehension may appear due to their inadequate speaking skills. Accordingly, this study aims at finding out the extent of the students’ communication apprehension and their academic achievement as well as the correlation between them. The subjects of this study were 100 third-semester students of the English Language Education Study Program at Faculty of Cultural Studies Universitas Brawijaya. In this research, the researcher used quantitative descriptive and quantitative correlation. The questionnaire used was The Foreign Language Classroom Anxiety. Since the collected data was in the form of numbers the writer computed the numbers by using a software namely SPSS 21. The study revealed that the students’ communication apprehension level grouped into three categories which were high (14%), medium (64%), and low (22%). Besides, in the students academic achievements found that the highest grade obtained is A (4,0) while the lowest grade obtained is B (3,0). Additionally, the Pearson correlation showed that the coefficient correlation was 0.307 with the significance 0.002. It means that the correlation is weak and there was a negative correlation (p < 0.05) between the students’ communication apprehension and academic achievement. Yet, it cannot be guaranteed that the students with high level of communication apprehension always have poor academic achievement. Finally, it is suggested to the future researcher to conduct qualitative research in order to elaborate a deeper explanation regarding variables.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIB/2019/402/052000174 |
Uncontrolled Keywords: | Correlation, Communication Apprehension, Academic Achievement, learning English - Korelasi, Kecemasan Komunikasi, Pencapaian Akademik, Belajar Bahasa Inggris |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Agus Wicaksono |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 13:19 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 13:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178171 |
Actions (login required)
View Item |