Pengaruh intensitas penggunaan web renshuu.org sebagai media belajar mandiri terhadap peningkatan hasil belajar kanji

Sheisa Aisya Billa, Ajeng (2019) Pengaruh intensitas penggunaan web renshuu.org sebagai media belajar mandiri terhadap peningkatan hasil belajar kanji. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembelajaran kanji level chuukyuu di Program Pendidikan Bahasa Jepang, tidak lagi terfokus pada pembelajaran yomikata dan kakikata, tapi lebih menekankan kepada gabungan kanji atau jukugo serta penggunaan kanji tersebut dalam konteks kalimat yang tepat. Pada tahun 2017, dosen mata kuliah Moji Dai Go memanfaatkan sebuah media ICT bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Moji Dai Go . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)intensitas mahasiswa menggunakan renshuu.org sebagai media belajar kanji dan (2)pengaruh intensitas penggunaan renshuu.org terhadap peningkatan hasil belajar kanji. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menganalisis teori Dhalyono yang mengemukakan bahwa kuat lemahnya motivasi seseorang turut mempengaruhi keberhasilannya.. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa skor rata-rata intensitas penggunaan web renshuu.org sebesar 2.3 dan 22, jika dikategorikan tergolong sedang dan kategori rendah. Pengaruh penggunaan renshuu.org dengan peningkatan hasil belajar kanji sangat rendah yaitu 1,7% mempengaruhi nilai kuis dan 0,8% mempengaruhi nilai akhir

Other obstract

日本語教育学科における中級レベルの漢字クラスは、読み方や書き 方を中心に行わずに、熟語の組み合わせや文章表現に重きをおいている。 2017年に、 Moji Dai Go の担当教師が講義を受講する学生向けに ICT メディア(renshuu.org)を用いた。本研究の目的は(1)学習者の renshuu.org の使用率を把握すること、 (2) renshuu.org を使用することによる漢字学習成果への影響を調べることである。 本研究では定量的な記述法を用いて、学習者のモチベーションが成 功に与える影響度(Daryono の理論)について分析した。 研究により、 renshuu.org の使用率の平均は 2.3 又 22、その結果分類したら、中度又低いの分類だと言える。また、 renshuu.o rg を使用することによる漢字学習成果は低いことがわかった。さらに renshuu.org の使用率のうち、 1.7%がテストの得点、 0.8%が総合得点に影響を及ぼし た

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/439/052000211
Uncontrolled Keywords: media belajar, belajar mandiri,kanji
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.33 Teaching aids, equipment, materials
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 08 Oct 2020 11:43
Last Modified: 08 Oct 2020 11:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178071
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item