Penentuan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Jab Milk Di Koperasi Agro Niaga Jabung

Muhammad, Ifthor Dinana (2019) Penentuan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Jab Milk Di Koperasi Agro Niaga Jabung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

KAN Jabung adalah salah satu koperasi yang menjual olahan susu yang berada disekitar Kabupaten Malang dengan merek JAB Milk. KAN Jabung belum bisa menampung keseluruhan produksi susu segar yang dihasilkan oleh anggota peternak. Salah satu cara dalam menampung keseluruhan susu dari peternak adalah melakukan produksi pada olahan susu sendiri dan meningkatkan pemasaran pada produk JAB Milk. Produksi susu sebanyak 2.008 liter per hari atau 5% dari olahan susu pada KAN Jabung, namun penjualan terbanyak khususnya susu pasteurisasi mencapai 3838 unit per hari. Susu Pasteurisasi merupakan produk unggulan dari KAN Jabung yang difokuskan dalam meningkatkan pemasarannya. Pada tahun 2018-2019 target penjualan sekitar 96.000 hingga 100.000 botol per bulannya untuk produk ukuran 180 ml. Sedangkan, untuk produk dengan ukuran 1 liter memiliki target penjualan 18.000- 23.000 botol tiap bulannya. Penjualan JAB Milk pada outlet-outlet belum tercapai secara maksimal meskipun telah tersebar di beberapa outlet. Kendala yang dihadapi Koperasi Agro Niaga Jabung yaitu penjualan susu yang belum mencapai target sehingga memerlukan strategi baru untuk meningkatkan penjualan produk JAB Milk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, yang pertama input stage penentuan IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) serta penentuan bobot faktor internal dan faktor eksternal menggunakan kuisioner yang telah dibagikan. Selanjutnya, tahap kedua matching stage matriks IE (Internal External) dan matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Thread) yang berguna untuk menentukan posisi serta alternatif strategi bagi perusahaan. Tahap terakhir adalah decision stage penentuan prioritas dalam strategi dengan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) yang nilai AS-nya berdasarkan hasil wawancara dengan kepala Divisi manajer bisnis inti dari KAN Jabung Hasil analisis yang telah dilakukan pada Koperasi Agro Niaga Jabung dengan memasukkan beberapa unsur pada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perumusan strategi dalam produksi JAB Milk, didapatkan hasil bahwa faktor internal dari KAN Jabung cukup baik dalam mengatasi kelemahannya yang didapatkan dari hasil analisis menggunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan memiliki peluang dalam mengatasi faktor eksternal yang tinggi yang diperoleh dari hasil analisis menggunakan matriks EFE (External Factor Evaluation). Berdasarkan matriks QSPM, dapat menerapkan tiga strategi intensif yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Dalam analisis strategi penetrasi pasar yang dilakukan yaitu increasing awareness dan action to buy. Namun, strategi yang diterapkan yang pertama oleh Koperasi Agro Niaga Jabung yaitu penetrasi pasar sehingga dapat memanfaatkan internet dengan baik serta melakukan ekspansi retailer dalam penjualan di kota Malang dan sekitarnya.

English Abstract

KAN Jabung is a cooperative that sell dairy products, located around Malang Regency with JAB Milk brand. KAN Jabung has not been able to accommodate the entire production of fresh milk produced by members of farmers. One way to collect the whole milk from breeders is to produce their own dairy products and increase marketing on JAB Milk products. KAN Jabung processed 2,008 liters per day or 5% of milk productions daily, but the highest sold, especially pasteurized milk, reached the production of 3838 units / day. Pasteurized milk is a superior product from KAN Jabung which is focused on increasing its marketing. JAB Milk salesment at the outlets have not been reached to the fullest even though they have been spread in several regions. The obstacle faced by the Agro Niaga Cooperative Jabung is the milk salesment that hasn’t reached the target so it requires a new strategy for JAB Milk products sale increasement. The method used in this study is divided into three stages, namely, the first input stage is the determination of IFE (Internal Factor Evaluation) and EFE (External Factor Evaluation) as well as determining the weight of internal factors and external factors using a questionnaire that has been distributed. Next, the second stage matching IE (Internal External) matrix and SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Thread) matrix stage are useful for determining the position and alternative strategies for the company. The final stage is the decision stage for determining priorities in strategy with the QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) matrix whose US values are gained by interview-based with the head of the Division of core business managers from KAN Jabung. The analysis conducted results at the Jabung Agro Niaga Cooperative by incorporating several elements on internal and external factors that influencing the production of JAB Milk formulation strategy, showed that the internal factors of KAN Jabung were quite good in overcoming its weaknesses, obtained from the IFE matrix (Internal Factor Evaluation) analysis, and has a high chance in overcoming external factors obtained from the analysis using the EFE (External Factor Evaluation) matrix. Based on the QSPM matrix, three intensive strategies can be implemented namely market penetration, market development and product development. In the analysis of market penetration strategies that have been carried out are increasing awareness and action to buy. However, the first strategy adopted by the Agro Niaga Jabung Cooperative is to penetrate the market so that it can utilize the internet properly and expand retailers in sales in the city of Malang and surrounding areas

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/961/052000356
Uncontrolled Keywords: EFE, IFE, IE, QSPM, Susu, SWOT, Milk, EFE, IFE, IE, QSPM, SWOT
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Nov 2020 05:14
Last Modified: 24 Oct 2021 14:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178011
[thumbnail of IFTHOR DINANA MUHAMMAD (2).pdf]
Preview
Text
IFTHOR DINANA MUHAMMAD (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item