Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Mahasiswa Pengguna Sepatu Merek Vans di Universitas Brawijaya Malang)

Akbar, Gumelar (2019) Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Mahasiswa Pengguna Sepatu Merek Vans di Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia bisnis di Indonesia pada saat ini sedang mengalami kemajuan yang pesat. Laju perkembangan yang terjadi membawa dampak pada perubahan sosial ekonomi masyarakat yang begitu cepat sehingga mempengaruhi gaya hidup serta tren yang ada. Fenomena terkait tren sneakers di Indonesia semakin banyak terjadi. Banyaknya penggemar sneakers di Indonesia membuat perusahaan dalam negeri dan luar negeri bersaing untuk memperluas dan mempertahankan pangsa pasar mereka untuk menjaga loyalitas pelanggan dalam menggunakan dan membeli produknya. Beberapa hal yang perlu dikedepankan produsen fashion untuk mendapatkan loyalitas konsumen adalah membangun citra merek yang kuat dan menentukan harga yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan metode penelitian survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden, dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek dan Harga berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Loyalitas Pelanggan. Variabel Citra Merek dan Harga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan. Variabel Harga merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan.

English Abstract

The development of the business world in Indonesia is experiencing rapid progress. The rate of development that occurs has an impact on people's social and economic changes that are so fast that they affect lifestyles and trends. Phenomenon that related to sneakers trends in Indonesia are increasingly happening. The huge number of sneaker fans in Indonesia makes domestic and foreign business company compete to expand and maintain the market share to keep their customer loyal in using and buying the products. Some of the things that need to be put forward from fashion company to earn consumer loyalty are building strong brand image and determine a suitable price. The purposes of this research is to find out and explain the influence of Brand Image and Price on Customer Loyalty. The type of this research is explanatory research with quantitative approach, and using survey as the research method. The sample in this study were 116 respondents, with nonprobability and the purposive sampling as the sampling technique. The analytical method used for this research is descriptive statistical and multiple linear regression analysis. The result of this study indicate that the Brand Image and Price variable have a significant partial influence on the Customer Loyalty variable. Each variable of Brand Image and Price variable have a significant simultaneous influence on the Customer Loyalty variable. Price is variable that has the most dominant influence on the Customer Loyalty variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/814/052000421
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Harga, Loyalitas Pelanggan-Brand Image, Price, Customer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:40
Last Modified: 21 Oct 2021 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177855
[thumbnail of Gumelar Akbar.pdf]
Preview
Text
Gumelar Akbar.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item