Analisis Faktor Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Ikan Sarden Abc Di Haimart Kota Blitar, Jawa Timur

Purwanto, Cahya Andi (2019) Analisis Faktor Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Ikan Sarden Abc Di Haimart Kota Blitar, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin ketatnya persaingan bisnis yang ada, terutama persaingan yang berasal dari perusahaan sejenis, membuat perusahaan semakin dituntut agar bergerak lebih cepat dalam hal menarik konsumen sehingga perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran perlu mencermati perilaku konsumen dan faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan pembeliannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli adalah merek atau brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor citra merek (Brand Image) sarden ABC terhadap pengambilan keputusan pembelian ikan kaleng sarden ABC. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh orang yang merupakan konsumen ikan sarden ABC. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data meliputi: observasi, partisipasi aktif dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda dengan variabel bebas (Keunggulan Asosiasi Merek, Kekuatan Asosiasi Merek, Keunikan Asosiasi Merek dan Keputusan Konsumen). Faktor keputusan pembelian ikan sarden ABC pengujian menggunakan regresi linier berganda, Analisis data dilakukan dengan bantuan Stata versi 21. Penelitian menggunakan regresi linear berganda, lalu uji statistik yaitu koefisien determinasi (R2), uji F dan uji t, kemudian uji asumsi klasik yaitu, uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolonearitas, dan uji normalitas. Dilihat dari uji asumsi klasik tidak ada masalah yang signifikan. Dari setiap uji sudah memenuhi persyaratan uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji normalitas. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa nilai konstata yang dihasilkan 0,296 dengan nilai koefisien regresi (B) yang diperoleh Y = 0,296 + 0,096 X1 + 0,475 X2 + 0,358 X3 + e. Berdasarkan nilai konstanta sebesar 0,296 hal ini menunjukkan bila variabel citra merek (brand image) seperti keunggulan asosiasi merek (X1), kekuatan asosiasi merek (X2), dan keunikan asosiasi merek (X3) tidak ada maka keputusan pembelian konsumen terhadap produk ikan sarden ABC di Haimart mengalami kenaikan sebesar 0,296 kali. Variabel keunggulan asosiasi merek (X1) nilai 0,096 memiliki hubungan berlawanan dengan keputusan pembelian. Variabel kekuatan asosiasi merek (X2) nilai 0,475 memiliki hubungan searah dengan keputusan pembelian. Variabel keunikan asosiasi merek (X3) nilai 0,358 memiliki hubungan searah dengan keputusan pembelian. Uji statistik menunjukkan adanya hubungan antara variabel bebas dari variabel terikat. Pada koefisien determinasi (R2) sebesar 0,499 atau 49% Frekuensiviii keputusan pembelian (Y) ditentukan oleh keunggulan asosiasi merek (X1), kekuatan asosiasi merek (X2), keunkan asosiasi merek (X3). Sedangkan 51% Dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dilakukan dalam model regresi ini, namun berpengaruh pada keputusan pembelian ikan sarden ABC. Hasil uji F diperoleh F hitung sebesar 33,93 dengan nilai F tabel sebesar 2,699 Dengan nilai probability = 0,05 kemudian diperoleh hasil nilai F hitung > F tabel yaitu 33,93 > 2,699 yang berarti berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) 95%. Dengan begitu maka hipotesi H0 ditolak dan H1 diterima, berarti variabel bebas yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek (X1), kekuatan asosiasi merek (X2), keunikan asosiasi merek (X3) secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap frekuensi keputusan pembelian ikan sarden ABC. Hasil Uji t variabel keunggulan asosiasi merek (X1) nilai sig 0,134 > 0,05 dan t hitung sebesar 1,51 < 1,660 t tabel dengan demikian variabel keunggulan asosiasi merek (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian ikan sarden ABC. Variabel kekuatan asosiasi merek nilai sig 0,000 < 0,05 dan t hitung sebesar 5,28 > 1,660 t tabel dengan demikian variabel kekuatan asosiasi merek (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian ikan sarden ABC. Variabel keunikan asosiasi merek (X3) nilai sig sebesar 0,000, t hitung sebesar 3,83. Dengan dasar pengambilan keputusan nilai sig 0,000 < 0,05 dan t hitung sebesar 3,83 > 1,660 t tabel. Dengan demikian variabel keunikan asosiasi merek (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian ikan sarden ABC. Berdasarkan hasil penelitian yang diakukan bahwa terdapat faktor variabel independen yang tidak berpengaruh signifikan yaitu variabel keunggulan asosiasi merek (x1) dengan nilai koefisien 0,096, menunjukkan bahwa variabel keunggulan asosiasi merek memiliki hubungan berlawanan dengan keputusan pembelian terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Sedangkan terdapat faktor yang berpengaruh signifikan yaitu variabel kekuatan asosiasi merek (X2) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan dapat meningkatkan keputusan pemelian sebesar 0,475, dan keunikan asosiasi merek (X3) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan dapat meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,358, terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Artinya satu faktor dalam variabel brand image tidak dapat mempengaruhi keputusan pembelian ikan sarden ABC yaitu keunggulan asosiasi merek (X1) dan dua faktor dalam variabel brand image dapat mempengaruhi keputusan pembelian ikan sarden ABC yaitu kekuatan asosiasi merek (X2) dan keunikan asosiasi merek (X3).

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/1099/052000065
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:34
Last Modified: 10 Aug 2020 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177803
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item