Pengaruh Atribut Produk dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada pengguna Yamaha Nmax di Kota Kediri)

Mahendra, Mochammad Fahmi (2019) Pengaruh Atribut Produk dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada pengguna Yamaha Nmax di Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan kebutuhan transportasi pada saat ini diindikasikan dengan mobilitas penggunaan sepeda motor yang semakin meningkat, sehingga menciptakan persaingan yang kompetitif bagi produsen sepeda motor untuk merancang sebuah kendaraan yang diminati konsumen. Unsur-unsur yang terdapat pada persaingan tersebut salah satunya adalah atribut produk dan harga produk. Pengaruh dari atribut produk dan harga produk adalah untuk menciptakan kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk dan harga produk terhadap kepuasan konsumen. Selain itu bertujuan juga untuk membantu perusahaan mengetahui apa yang diinginkan konsumennya. Lokasi penelitian penelitian yang dipilih adalah di Kota Kediri yang menampung berbagai kalangan pengguna sepeda motor Yamaha Nmax dan secara rutin melakukan kegiatan pertemuan mingguan. Kota kediri memiliki pengguna Yamaha Nmax yang cukup banyak dan sesuai kriteria dalam penelitian ini, serta berdasarkan atas pertimbangan yang menunjukkan perkembangan pengguna sepeda motor Yamaha Nmax. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen pengguna Yamaha Nmax sudah merasakan kepuasan, baik dari atribut produk dan harga produk. Namun, dalam beberapa hal masih ada yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Saat penelitian ini dilakukan Yamaha Nmax memiliki nilai harga yang lebih murah dari kompetitornya yang sejenis, sehingga perusahaan perlu menjaga dan mengendalikan harga yang sesuai dengan atribut produknya untuk memaksimalkan kepuasan konsumen. Dengan adanya beberapa hal yang masih perlu diperbaiki, adapun peneliti saran yang dapat dipertimbangkan perusahaan agar lebih dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Sebaiknya perusahaan perlu melakukan adanya evaluasi, seperti memperhatikan kesesuaian harga dengan daya beli masyarakat melalui evaluasi dan improvisasi yang berkesinambungan mengingat harga produk mempunyai peran besar dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Selain itu juga perusahaan perlu mengkaji kebijakan harga dalam menjaga nilai purna jual.

English Abstract

The development of transportation needs at this time is indicated by the increasing mobility of motorbike use, thus creating competitive competition for motorcycle manufacturers to design a vehicle that consumers are interested in. The elements contained in the competition are one of them is product attributes and product prices. The influence of product attributes and product prices is to create customer satisfaction. The purpose of this study was to determine how much influence product attributes and product prices have on customer satisfaction. In addition, it also aims to help companies know what their customers want. The research locations chosen were in the City of Kediri which accommodated various Yamaha Nmax motorcycle users and routinely held weekly meeting activities. Yamaha Nmax Club Indonesia has quite a lot of members and fits the criteria in this study, and is based on considerations that show the development of Yamaha Nmax motorcycle users. The results showed that consumers of Yamaha Nmax users had felt satisfaction, both from product attributes and product prices. However, in some cases there is still something that needs to be improved to improve customer satisfaction. When this research was conducted Yamaha Nmax has a lower price value than similar competitors, so companies need to maintain and control prices in accordance with their product attributes to maximize customer satisfaction. With the existence of several things that still need to be improved, while the researchers are suggestions that can be considered by the company to be able to improve customer satisfaction. It is better for companies to carry out evaluations, such as paying attention to price conformity with people's purchasing power through continuous evaluation and improvisation considering the price of products has a large role in increasing customer satisfaction. In addition, companies also need to review price policies in maintaining after-sales value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/763/052000118
Uncontrolled Keywords: atribut produk, fitur, desain, kualitas, harga produk, kepuasan konsumen-attribute product, feature, design, quality, price, consumer satisfaction.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:10
Last Modified: 21 Oct 2021 02:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177663
[thumbnail of Mochammad Fahmi Mahendra.pdf]
Preview
Text
Mochammad Fahmi Mahendra.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item