Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna iPhone di Kota Malang)

Parashinta, Demetra Ola (2019) Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna iPhone di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mejelaskan pengaruh variabel Gaya Hidup (X1) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Citra Merek (X2) tehadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Gaya Hidup (X1) dan Citra Merek (X2) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Gaya Hidup (X1), Citra Merek (X2), dan Keputusan Pembelian (Y). Pengumpulan data diperoleh dari penyebaran kuisioner secara online pada masyarakat yang berada di Kota Malang yang menggunakan smartphone iPhone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji f untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini dketahui bahwa dua variabel bebas Gaya Hidup (X1) dan Citra Merek (X2) mempunyai kontribusi terhadap variabel terikat Keputusan Pembelian (Y) dengan perhitungan koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,566 artinya bahwa 56,6% variabel Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Gaya Hidup (X1) dan Citra Merek (X2). Variabel Gaya Hidup (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan t hitung = 3,218. Variabel Citra Merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) dengan t hitung = 4,442. Menunjukkan bahwa variabel Citra Merek (X2) berpengaruh dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y).

English Abstract

This study aims to determine and explain the influence of lifestyle variable (X1) to the variable Purchase Decision Products (Y). Knowing and explaining the Brand Image variable (X2) to Product Purchase Decision (Y) variable. Know and explain the influence of variables Lifestyle and Brand Image to the variable Purchase Decision Products (Y). This research uses explanatory research with quantitative approach. Variable used in this research there are 3, namely Lifestyle (X1), Brand Image(X2), and Purchase Decision Product (Y). Data collection was obtained through questionnaires online questionnaire dissemination on smartphone iPhone User in Malang City. The sample used in this study amounted to 100 respondents. Analysis of data used is multiple linear regression analysis with t test and f test to determine the effect of partially or simultaneously between the variables studied. Based on the result of this research, it is known that the two independent variable Lifestyle (X1) and Brand Image (X2) have contribution to the dependent variable of Purchase Decision Products (Y) with the calculation of coefficient of determination (Adjusted R Square) of 0,566. This means that 56,6% of Product Purchase Decision (Y) variables will be influenced by independent variables, namely Lifestyle (X1) and Brand Image (X2). Lifestyle Variable (X1) have significant effect to Product Purchase Decision (Y) with t arithmetic = 3,218. Brand Image Variable (X2) significant effect on Decision Purchase Product (Y) with t count = 4,442. Show that variable of Product Innovation (X2) have dominant effect to Product Purchase Decision variable (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/799/052000283
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Citra Merek, Keputusan Pembelian-Lifestyle, Brand Image, Product Purchasing Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:32
Last Modified: 21 Oct 2021 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177607
[thumbnail of Demetra Ola Parashinta.pdf]
Preview
Text
Demetra Ola Parashinta.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item