Qamarani, Syabibah Yusrina (2019) Analisis Strategi Bauran Pemasaran Internasional Produk Lilin Ukir (Studi pada Toko Souvenir Diandra Candle). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bangkitnya usaha kecil dan menengah ke dunia internasional menjadi trend yang penting karena dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi negara. Hal ini mengharuskan unit bisnis mampu merancang sebuah strategi dalam upaya menangkap setiap kesempatan pasar yang ada. Strategi pemasaran merupakan bagian penting dalam suatu unit bisnis karena berdampak pada tingkat penjualan, produksi produk, sistem distribusinya dan secara tidak langsung berdampak pada tingkat pendapatan. Dalam penggunaan strategi pemasaran internasional untuk membidik target pasar dengan tepat, unit bisnis perlu memperhatikan bauran pemasaran produknya. Produksi lilin merupakan salah satu industri yang berkembang di Indonesia. Dengan kemudahan dalam memperoleh bahan baku, kebijakan pajak yang bersahabat dan tingginya jumlah tenaga kerja yang tersedia, Indonesia berpeluang besar menjadi negara pengekspor produk lilin yang berhasil di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran internasional Diandra Candle dan pengembangan strategi pemasaran internasionalnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada Toko Souvenir Diandra Candle Jl. Danau Bratan Timur I No. B2, Sawojajar, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT menggunakan matriks IFAS, EFAS, IE dan matriks TOWS Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor unit usaha malakukan ekspor karena adanya peluang laba yang lebih tinggi pada pasar internasional. Unit usaha mengimplementasikan taktik bauran pemasaran dengan berbagai cara. Unit usaha meningkatkan dan mengembangkan desain produk dengan mempertimbangkan faktor sosiokultural, hukum, ekonomi dan faktor lingkungan. Unit usaha menentukan harga jual produknya dengan metode patronage oriented pricing yang bertujuan untuk menarik lebih banyak pembeli. Untuk mengirimkan produknya ke luar negeri, Unit usaha bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa ekspedisi luar negeri. Kegiatan promosi yang digunakan adalah periklanan, personal selling, dan publisitas. Melalui analisis SWOT, kekuatan terbesar unit usaha merupakan kemampuannya dalam menjual produk secara online dan kelemahan terbesarnya adalah keterbatasan tenaga pengrajin. Selain itu peluang terbesar unit usaha adalah banyaknya online marketplace yang tersedia dan ancaman terbesar unit usaha adalah munculnya produk pengganti. Kemudian berdasarkan analisis internal-eksternal unit usaha, Toko Souvenir Diandra Candle berada pada sel IV (“Growth and Build”) sehingga alternatif strategi yang dapat diberikan adalah mencari alternatif bahan baku lain, pengembangan produk dan penetrasi pasar.
English Abstract
The rise of small and medium enterprises to the international world is an important trend because it can potentially become a national economic growth driver. This requires every business units to design a strategy as an effort to capture every available market opportunity. Marketing strategy is an important part in a business unit because it affects the level of sales, product production, distribution system and indirectly affects the level of income. In order to use international marketing strategies to precisely target markets, business units need to pay attention to the marketing mix of their products. Candle production is one of the growing industries in Indonesia. With the ease access to obtain raw materials, friendly tax policies and the high number of available workers, Indonesia has a great chance to become a successful exporter of wax products. This study aims to determine the implementation of the Diandra Candle international marketing mix strategy, and to investigate the development of the Diandra Candle international marketing strategy. This research is a qualitative research using a descriptive approach. The study was conducted at Diandra Candle Souvenir Shop Jl. Danau Bratan Timur I No. B2, Sawojajar, Kedungkandang, Malang City, East Java. Data collection techniques are done by interview, observation and documentation. While the data analysis technique in this study is a SWOT analysis using IFAS, EFAS, IE and TOWS matrices The results showed that the companies factor of doing exports was because of the higher profit opportunities on the international market. The company implements marketing mix tactics in various ways. The company improves and develops product design by considering sociocultural, legal, economic and environmental factors. The company determines the selling price of its products using the patronage-oriented pricing method to attract more buyers. To send its products abroad, the company cooperates with overseas shipping service providers. Promotional activities used are advertising, personal selling, and publicity. Through a SWOT analysis, the company's greatest strength is its ability to sell products online and its biggest weakness is the limited craftsman. The company's biggest opportunity is the number of online marketplaces available and the company's biggest threat is the emergence of substitute products. Then based on the company's internal-external analysis, the Diandra Candle Souvenir Shop is located in cell IV ("Growth and Build") so that alternative strategies that can be given are finding other alternative raw materials, product development and market penetration.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/746/051911468 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 05:56 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177594 |
Preview |
Text
Syabibah Yusrina Qamarani.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |