Evaluasi In Vitro Aktivitas Fotoprotektif Ekstrak Rumput Laut Cokelat Sargassum Sp. Dengan Pelarut Yang Berbeda Terhadap Radiasi Ultraviolet

Huda, Muhammad Miftahul (2019) Evaluasi In Vitro Aktivitas Fotoprotektif Ekstrak Rumput Laut Cokelat Sargassum Sp. Dengan Pelarut Yang Berbeda Terhadap Radiasi Ultraviolet. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumput laut cokelat Sargassum sp. dari berbagai wilayah di dunia telah dilaporkan mengandung senyawa bioaktif yang sangat beragam yang bermanfaat untuk aplikasi dalam berbagai bidang industri. Meskipun demikian Sargassum sp. yang banyak ditemukan di Poteran, Madura kurang bernilai ekonomis karena belum dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, Sargassum sp. dari Poteran, Madura digunakan dalam penelitian ini sebagai salah satu upaya untuk mengeksplorasi potensinya, khususnya berkaitan dengan aktivitas fotoprotektif yang dimilikinya terhadap radiasi ultraviolet sehingga diharapkan pada masa yang akan datang Sargassum sp. bisa dikembangkan menjadi jenis rumput laut yang bernilai ekonomis tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas fotoprotektif ekstrak rumput laut cokelat Sargassum sp. dengan pelarut yang berbeda terhadap radiasi ultraviolet dan mengetahui pengaruhnya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2019 di Laboratorium Eksplorasi Sumberdaya Perikanan dan Kelautan dan di Laboratorium Hidrobiologi Divisi Lingkungan dan Bioteknologi Perairan, Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan model Rancangan Acak Lengkap (RAL). Analisis data dilakukan menggunakan one-way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji lanjutan Beda Nyata Terkecil (BNT). Ekstrak Sargassum sp. dengan pelarut etil asetat (ESE) memiliki aktivitas fotoprotektif terhadap radiasi ultraviolet yang paling baik dibandingkan dengan pelarut n-heksana (ESH) dan metanol (ESM). Nilai indikator perlindungan ESE terhadap radiasi UV-B (SPF) adalah 32,63 dan terhadap radiasi UV penyebab eritema (%Te) adalah 0,055 dan terhadap radiasi UV penyebab pigmentasi (%Tp) adalah 0,075.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/808/051908876
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.8 Algae / Algae culture / Microalgae--Cultures and culture media > 579.88 Phaeophyta (Brown algae)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Nov 2020 09:06
Last Modified: 21 Oct 2021 00:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177434
[thumbnail of MUHAMMAD MIFTAHUL HUDA (2).pdf]
Preview
Text
MUHAMMAD MIFTAHUL HUDA (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item