Pengaruh Subtitusi Tepung Bekatul Terhadap Sifat Fisika, Kimia, Organoleptik Dan Serat Pangan Pada Bakso Ikan Lele (Clarias Batrachus)

Viranto, Rilo Akbar (2019) Pengaruh Subtitusi Tepung Bekatul Terhadap Sifat Fisika, Kimia, Organoleptik Dan Serat Pangan Pada Bakso Ikan Lele (Clarias Batrachus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bakso ikan merupakan produk olahan ikan atau daging yang telah dihaluskan kemudian diberi bumbu dan tepung lalu dibentuk bulat-bulat. Salah satu jenis ikan yang dapat digunakan dalam pembuatan bakso ikan adalah ikan Lele, hal tersebut dikarenakan ikan Lele memiliki daging berwarna putih dan rasa yang gurih sehingga digemari oleh masyarakat. Kandungan Ikan Lele dalam 100 g protein (15,6 g ) Lemak (6,1 g ) karbohidrat (8,54 g ) . Produk bakso yang banyak beredar dimasyarakat saat ini memiliki kandungan serat pangan sebanyak 0.5% dari kebutuhan serat orang dewasa atau sekitar 0,125 g – 0,15 g, disisi lain serat pangan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, sehingga dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kandungan serat pangan pada bakso. Salah satu sumber serat pangan yang dapat ditambahkan pada bakso adalah Bekatul. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh substitusi Bekatul terhadap tepung Sagu dan memperoleh konsentrasi optimum untuk meningkatkan kadar serat pangan pada bakso ikan Lele. Penelitian berlangsung pada bulan Januari – Maret 2019 dilaboratorium Nutrisi dan Pakan Ikan, Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan, dan Laboratorium Gizi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Rancangan percobaan dalam penelitian utama adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan menggunakan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah perbedaan konsentrasi dari substitusi bekatul dalam pembuatan bakso ikan Lele. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu karakteristik fisika yaitu tekstur, karakteristik kimia yaitu kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat dan kadar serat pangan. Penilaian organoleptik meliputi kenampakan, aroma, rasa, tekstur bakso ikan Lele. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan software SPSS versi 25 dengan ANOVA (Analysis of Variant) untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap beberapa parameter uji. Kriteria penerimaan atau penolakan hipotesis statistik dapat dilihat dari nilai p (probabilitas). Jika nilai p<0,05 maka perlakuan tersebut berbeda nyata. Hasil tersebut kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan. Jika hasil menunjukkan p<0,05 maka perlakuan tersebut berbeda nyata. Data yang diperoleh memiliki tingkat kepercayaan 95% dan tingkat kesalahan 5%. Selanjutnya, dilakukan penentuan perlakuan terbaik dari semua perlakuan menggunakan metode de Garmo.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/811/051908879
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.6 Cooking specific materials > 641.66 Cooking food derived from plant crops and domesticated animals (Meat)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:46
Last Modified: 21 Oct 2021 00:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177420
[thumbnail of RILO AKBAR VIRANTO (2).pdf]
Preview
Text
RILO AKBAR VIRANTO (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item