Pengaruh Faktor Sosial Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Orang Tua Siswa Dalam Memilih Jasa Pendidikan Dimediasi Oleh Sikap Orang Tua (Studi pada Sekolah Dasar Alam Al-Izzah Kabupaten Sidoarjo)

Khair, Muthi Abul (2019) Pengaruh Faktor Sosial Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Orang Tua Siswa Dalam Memilih Jasa Pendidikan Dimediasi Oleh Sikap Orang Tua (Studi pada Sekolah Dasar Alam Al-Izzah Kabupaten Sidoarjo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan hak utama anak Indonesia, sehingga orang tua berperan penting dalam mengupayakan pendidikan untuk anak mereka. Sebagai orang tua memiliki hak untuk menentukan sekolah yang baik untuk anak, sehingga seringkali orang tua memiliki standar pilihan sekolah yang terbaik untuk anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor sosial dan citra merek terhadap pengambilan keputusan dimediasi sikap pada orang tua siswa SD Alam Al-Izzah Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dan menggunakan metode pengambilan sampel jenuh dengan jumlah sampel 84. Hasil pengumpulan kuesioner hanya 83 kuesioner yang dapat diolah. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan Partial Least Square dengan bantuan software smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial dan citra merek berpengaruh terhadap sikap dan keputusan serta sikap juga berpengaruh terhadap keputusan. Melihat dari variabel mediasi menunjukkan bahwa sikap memberikan peran mediasi parsial pada pengaruh faktor sosial dan citra merek terhadap keputusan. Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel baru dan lingkup populasi sampel sehingga mampu memberikan hasil yang lebih kompleks dan berbeda.

English Abstract

Education is the main right for Indonesian children. Therefore, parents hold an important role in terms of striving high quality education for their children. By having the rights to choose the proper education for their children, most of the time parents have their own the best school choice standards according to them for their children. This research aims to test and analyze the influence of social factor and brand image on the decision-making mediated by the parents’ behavior at Alam Al- Izzah Elementary School of Sidoarjo Regency. The sampling method uses probability sampling along with saturation sampling method with the total amount of the samples are 84 and also there are 83 questionnaires that can be processed. Furthermore, the data were analyzed using Partial Least Square with the aim of a software namely smartPLS 3.0. The results of this research show that social factor and brand image have an influence on the behavior and decision. In addition, behavior also has an influence on the decision. Based on the mediator variable, it shows that behavior hold a role on partial mediaton on how social factor and brand image influencing the decision. Furthermore, the researcher suggest for the future researchers to add new variable and a scope of population sample on their research, therefore it would provide more complex and different results.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/306.874/KHA/p/2019/041907607
Uncontrolled Keywords: CHILDREN AND PARENTS
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.8 Marriage and family > 306.87 Intrafamily relationship > 306.874 Parent-child relationship
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Dec 2019 05:39
Last Modified: 19 Dec 2019 05:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177167
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item