Analisis Perceptual Mapping pada Merek Triumph dalam Menghadapi Persaingan Motor Mewah di Indonesia(Survei pada Konsumen Motor Mewah di Prov DKI Jakarta)

Himawan, Joddy (2019) Analisis Perceptual Mapping pada Merek Triumph dalam Menghadapi Persaingan Motor Mewah di Indonesia(Survei pada Konsumen Motor Mewah di Prov DKI Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis positioning merek Triumph dan para pesaingnya dalam merek-merek motor mewah di Kota Jakarta berdasarkan atributnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brand Image, Buying Preference, dan Brand Awareness. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Perceptual Mappingdan Multidimensional Scalling (MDS). Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah konsumen motor mewah yang berdomisili di Kota Jakarta yang telah berumur minimal 17 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada seratus lima puluh responden di Kota Jakarta. Hasil penelitian ini memberikan gambaran peta persepsi konsumen yang memperlihatkan bahwa Triumph berada pada peringkat keempat dari sepuluh merek motor teratas berdasarkan persepsi konsumen di Kota Jakarta, tetapi belum memperoleh peringkat teratas pada kategori top of mind, most buying, most favorite dan brand recall. Karakterisik konsumen motor mewah didominasi oleh usia 31 sampai 40 tahun dengan pendapatan mulai dari 18 juta sampai 20 juta per bulan yang berdomisili di Jakarta Selatan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu merek Triumph mampu bersaing dalam pasar motor mewah di Indonesia khususnya di Kota Jakarta. Analisis perceptual mapping ini diharapkan menjadi dasar perusahaan untuk melakukan analisis yang mendalam demi tercapainnya tujuan perusahaan dan dapat dimanfaatkan peluang yang ada sehungga dapat bersaing dengan para pesaing dan mempertahankan eksistensi perusahaan di pasar Indonesia khususnya di Kota Jakarta.

English Abstract

This aims of this study is analyze the positioning of Triumph brandand its competitiors in luxury motorcycle brands in Jakarta based on their attributes.The type of this researchis a descriptive study with a quantitative approach. The indicators used in this survei are Brand Image, Buying Preference, and Brand Awareness. The analytical method used in this research is Perceptual Mapping and Multidimensional Scalling (MDS). The criteria of population in this research is luxury motorcycle consumers who are domiciled in the city of Jakarta that are at least 17 years old. The data were collected by distributed questionnaires to one hundred fivety questionnaire in Jakarta. The results of this survei provide a map of consumer perceptions that show Triumph is ranked in four of the top ten based on consumer perceptions in Jakarta, but has not gained top rank in top of mind, most buying, most favorite, and brand recall categories. The characteristics of luxury motorcycle consumers are dominated by ages 31 to 40 with revenues ranging from 18 million to 20 million per month domiciled in South Jakarta. The conclusion obtained in this research is Triumph brand able to compete in luxury motorcycle market in Indonesia especially in Jakarta. Perceptual mapping analysis is expected to be the basis of the company to carry out in-depth analysis in order to achieve company goals and be able to take advantage of existing opportunities so that they can compete with competitors and maintain the existence of companies in the Indonesia market, especially in Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/688/051911180
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Perceptual Mapping, Brand Image, Buying Preference-Marketing, Perceptual Mapping, Brand Image, Buying Preference.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Nov 2020 15:20
Last Modified: 21 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177125
[thumbnail of Joddy Himawan.pdf]
Preview
Text
Joddy Himawan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item