Pengaruh Sport Sponsorship terhadap Brand Awareness (Studi pada Program Sponsorship FWD Life dengan Klub Sepak Bola Persib Bandung)

Saputra, Irvaldi Rana (2019) Pengaruh Sport Sponsorship terhadap Brand Awareness (Studi pada Program Sponsorship FWD Life dengan Klub Sepak Bola Persib Bandung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Alat komunikasi pemasaran dibutuhkan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada publik, dengan harapan bahwa munculnya kesadaran terhadap merek dari produk yang dipasarkan akan mengarah kepada tumbuhnya minat pembelian produk, lalu berlanjut pada keputusan pembelian. Salahsatu alat komunikasi pemasaran yang mulai banyak diterapkan adalah sponsorship. Penerapan sponsorship telah dipopulerkan pada beragam kegiatan termasuk olahraga, dan salahsatunya adalah sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh sport sponsorship terhadap brand awareness. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan metode penelitian survei. Sampel yang didapat dalam penelitian ini adalah sebanyak 115 orang responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sport sponsorship (X) berpengaruh terhadap variabel brand awareness (Y). Hasil ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < α = 0,50. Berdasarkan koefisien determinasi, variabel sport sponsorship memberikan kontribusi sebesar 52,7% terhadap variabel brand awareness, dan sisanya sebesar 47,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel sport sponsorship (X) sebagai variabel bebas terhadap brand awareness (Y) sebagai variabel terikat.

English Abstract

Marketing communication tools is needed by the company in order to introduce their product to public, in the hope that the emergence of brand awareness from the marketed products will lead to the growth of purchase intention, and followed by the purchase decision. One of the marketing communication tools that starting to be widely implemented is sponsorship. The implementation of sponsorship has been popularized in many events including sports, and one of them is football. The purpose of this research is to know and explain the influence of sport sponsorship on brand awareness. This research type is an explanatory research with quantitative approach, and used survey as the research method. The samples obtained in this research were 115 respondents, while the sampling technique used is purposive sampling. The analytical method used is descriptive statistical analysis, and the simple linear regression analysis. The results of this research indicates that the sport sponsorship variable (X) influence to brand awareness as the dependent variable (Y). this result can be proven with a significance value of 0,000 < α = 0,50. While based on coefficient of determination, the sport sponsorship variable contributed 52,7% to the brand awareness variable, and the remaining 47,3% was influenced by other variable that was not examined. The conclusion of this research is that there is a significant influence between the sport sponsorship (X) as the independent variable on brand awareness (Y) as the dependent variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/612/051908323
Uncontrolled Keywords: Sport Sponsorship, Brand Awareness.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:47
Last Modified: 21 Oct 2021 05:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177055
[thumbnail of Irvaldi Rana Saputra.pdf]
Preview
Text
Irvaldi Rana Saputra.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item