Pemasaran Susu Segar Di Kota Batu Jawa Timur

Yusuf, Nur Aidah Lucky (2019) Pemasaran Susu Segar Di Kota Batu Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Batu merupakan primadona objek wisata di Provinsi Jawa Timur, sebagian besar wilayah Kota Batu terdiri dari pegunungan dan perbukitan, sehingga Kota Batu memiliki iklim yang sejuk. Kondisi iklim di Kota Batu sangat mendukung perkembangan sektor peternakan sapi perah, produksi susu segar di Kota Batu adalah 23.334.598 kg/hari. Produksi susu segar yang melimpah ini diiringi dengan peningkataan permintaan yaitu 10-30%. Susu segar yang diproduksi oleh peternak disalurkan melalui beberapa lembaga pemasaran. Pemasaran susu segar memiliki beberapa saluran pemasaran yang berbeda-beda, sehingga biaya dan keuntungan yang diperoleh setiap lembaga pemasaran juga berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lembaga pemasaran dan saluran pemasaran yang berperan dalam pemasaran susu segar, mengetahui nilai margin, serta saluran pemasaran yang efisiensi. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian adalah multistage sampling dan metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan responden peternak dan snowball sampling dengan responden lembaga pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan interview, yang terdiri dari empat kelompok responden yaitu 30 peternak dipilih dengan metode purposive sampling; 2 pelaku home industry, 1 pengepul dan 4 pedagang STMJ dipilih dengan metode snowball sampling. Data primer diperoleh dengan metode survei menggunakan kuisioner melalui wawancara dengan responden. Data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan margin pemasaran, share harga, share biaya pemasaran, share keuntungan, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola pemasaran MP-I tergolomg saluran pemasaran tingkat satu atau one level chanel yang dimulai dari peternak – koperasi - home industry dan saluran pemasaran MP II tergolong pasa saluran pemasaran tingkat dua atau two level channel yang dimulai dari peternak – koperasi- pengepul – pedagang STMJ. MP-I terdiri dari margin pemasaran sebesar Rp. 18.850/liter, share biaya pemasaran 63.96%, share keuntungan 72.07% dan nilai efisiensi 21,45% . MP-II terdiri dari margin pemasaran sebesar Rp. 32.965,38/liter, share biaya pemasaran 118.36% dan share keuntungan 41.66% dan nilai efisiensi 13.60%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan pemasaran susu segar yang efisien agar peternak sapi perah untuk menjalankan saluran pemasaran I karena nilai margin yang lebih rendah dan nilai efisiensi yang diperoleh lebih besar.

English Abstract

This research was conducted in Brau Hamlet, Bumiaji District, Batu City, time of research start from 1 January until 30 December 2018. This research was conducted to find out the marketing channels, marketing margins and marketing efficiency. The method which used in this study is multistage sampling, purposive sampling and snowball sampling. Primary data obtained by survey methods using questionnaires through interviews with respondents. Secondary data is obtained from relevant agencies. Data were analyzed by descriptive analysis using marketing margins, share marketing costs, share profits and marketing efficiency. Marketing channels I: Farmers- Cooperatives-HomeIndustry-Consumers and marketing channels II: Farmers-Cooperatives-Collector-STMJ traders. marketing channels I consists of a marketing margin was based on IDR 18,850/liter, share of marketing costs 63.96%, share of profits 72.07% and efficiency value of 21.45%. marketing channels II consists of a marketing margin was based on IDR 32,965.38/liter, share marketing costs 118.36%, profit share 41.66% and efficiency value 13.60%. So, it can be concluded that to increase the marketing of efficient fresh milk so that farmers can run the marketing channel I because of the lower margin value but the efficiency value is higher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/405/051910195
Uncontrolled Keywords: Marketing Margin, share costs, share profits and efficiency
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Oct 2020 20:03
Last Modified: 25 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176684
[thumbnail of Nur Aidah Lucky Yusuf.pdf] Text
Nur Aidah Lucky Yusuf.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item