Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mengenai Bahasa Indonesia Para Followers Melalui Akun Twitter @Ivanlanin

Putri, Felly Eliza (2019) Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mengenai Bahasa Indonesia Para Followers Melalui Akun Twitter @Ivanlanin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bagaimana pengaruh media sosial Twitter dengan indikator Tweet, Retweet, dan Mention terhadap pemenuhan kebutuhan informasi dengan indikator kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelepas ketegangan. Penelitian ini melihat Twitter sebagai media dalam memenuhi kebutuhan penggunanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan analisis regresi linier sederhana. Metode yang digunakan ialah metode survei yang disebarkan secara online dengan jumlah sampel sebanyak 100, yaitu followers akun Twitter @Ivanlanin. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Uses and Gratification dengan asumsi bahwa pengguna secara aktif mencari media dan isi tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Twitter memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Tweet merupakan indikator paling dominan dan berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi.

English Abstract

This study explains how the influence of Twitter with its fitur Tweet, Retweet, and Mentions on meeting information needs with indicators of cognitive, affective, personal integration, social integration, and tension relief. This research sees Twitter as a medium in meeting the needs of its users. This research is an explanative quantitative study with simple linear regression analysis. The method used is a survey method distributed online with a total sample of 100 Twitter account followers of @Ivanlanin. This research used Uses and Gratification theory with the assumption that the user is actively looking for certain media and contents to meet their needs. The results showed that Twitter has a significant effect on meeting information needs. Tweets are the most dominant indicator and influence the fulfillment of information needs.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/990/051910636
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Twitter, Bahasa Indonesia, Kebutuhan Informasi, Social media, Twitter, Bahasa, Information Needs
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2020 16:59
Last Modified: 15 Aug 2023 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176485
[thumbnail of Felly Eliza Putri (2).pdf] Text
Felly Eliza Putri (2).pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item