Kurniawan, Cita Baskara (2019) Representasi Maskulinitas Baru Dalam Iklan Rokok Avolution: Make The Shift. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Iklan rokok Avolution: Make the Shift merupakan iklan yang merepresentasikan maskulinitas baru terhadap peran yang dilakukan oleh Richard Kyle. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menenankan kemampuan berpikir analitis dan sistematis untuk memecahkan solusi atas permasalahan yang ada di iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi (video) iklan yang berdurasi satu menit dengan metode analisis semiotika Roland Barthes untuk mengetahui representasi maskulinitas laki-laki baru terhadap peran yang dilakukan oleh seorang aktor Richard Kyle dengan cara menganalisis simbol yang menjadi tanda dalam iklan rokok Avolution: Make the Shift. Unit data yang dianalisis meliputi bentuk screenshot atau capture pada setiap potongan lima scene video yang mengandung aspek tanda, bahasa, serta visualnya dan menggambarkan nilai maskulinitas baru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penegasan kembali mengenai maskulinitas yang dilakukan oleh iklan rokok. Maskulinitas yang dimaksud tak semata-mata tentang kekuatan, kewibawaan, dan kepemimpinan, namun juga telah merambah gaya hidup dan aktualisasi diri.
English Abstract
Cigarette advertisement “Avolution: Make the Shift” is an advertisement that represent the new shape of masculinity for the role played by Richard Kyle. This qualitative research intend to focus on analityc and systemic thinking to make a solution for the problem in that advertisement. This research use a documentation (video) for the collecting data technique in that advertisiment for about one minute duration with the Roland Barthes’s semiotic analysis method to know the represent of man’s new masculinity to the role played by Richard Kyle by analyse the symbol which is a sign in that cigarette advertisiment. Things that being analysed are screenshots of every five scenes which contains aspects of signs, languages, and visuals and describes the value of new masculinity. The results of this research indicate a reaffirmation of the meaning of masculinity carried out by cigarette advertisiment. Masculinity is meant not only about strength, authority, and leadership, but also has penetrated lifestyle and self-actualization.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/971/051910603 |
Uncontrolled Keywords: | Iklan Rokok, Maskulinitas Baru, Semiotika, Cigarette Advertisiment, New Masculinity, Semiotics |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 16:43 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 16:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |