Perbedaan Asupan Kalsium pada Wanita Usia Subur 19-25 Tahun Gizi Lebih dan Normal Weight Obesity di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang.

Anisha, Bella Diah (2019) Perbedaan Asupan Kalsium pada Wanita Usia Subur 19-25 Tahun Gizi Lebih dan Normal Weight Obesity di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kalsium merupakan mineral yang jumlahnya paling banyak dalam tubuh. Konsumsi makanan yang rendah kalsium dapat menyebabkan terjadinya risiko obesitas. Saat asupan kalsium kurang, hormon kalsitropik akan meningkat dan menyebabkan peningkatan pada laju lipogenesis dan menghambat lipolysis, sehingga menyebabkan obesitas. Energi yang berasal dari lemak, karbohidrat, dan protein yang melebihi kebutuhan tubuh akan disimpan dalam jaringan lemak. Penimbunan lemak dalam tubuh menyebabkan terjadinya gizi lebih dan Normal Weight Obesity (NWO), dan merupakan masalah gizi yang rawan terjadi pada Wanita Usia Subur (WUS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan asupan kalsium pada WUS gizi lebih dan NWO. Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional. Jumlah subyek pada penelitian ini sebanyak 44 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan rentang usia 19-25 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan status gizi yaitu kelompok gizi lebih dan kelompok NWO yang kemudian dilakukan wawancara terkait asupan makan dengan menggunakan 24h-Recall. Data dianalisis dengan uji Mann Whitney dan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan asupan kalsium pada WUS usia 19-25 tahun gizi lebih dan NWO di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang dengan nilai rata-rata pada kelompok gizi lebih 1,89 mg/hari dan NWO 1,66 mg/hari dengan nilai p=0,59 (t-test, p>0,05).

English Abstract

Calcium is the most mineral in the body. Consumption of foods low in calcium can causes the risk of obesity. When calcium intake is low, calcitropic hormones will cause an increasing lipogenesis and inhibits lipolysis, those can cause obesity. Energy derived from fat, carbohydrates, and proteins that exceed the body's needs will be stored in fat tissue. Fat accumulation in the body causes over nutrition and Normal Weight Obesity (NWO), which are nutritional problem in women inreproductive age (WRA). This study aimed to determine the differences in calcium intake between women reproductive age over nutrition and NWO. The study design was observational analytic, with cross sectional design. The number of subjects in this study were 44 respondents taken by using purposive sampling with an age range of 19-25 years who divided into two groups, over nutrition group and NWO group which were then interviewed regarding food intake using 24h-Recall. Data were analyzed by Mann Whitney and showed that there was no significantly differences in calcium intake between WRA aged 19-25 years over nutrition and NWO group in Faculty of Medicine, Brawijaya University, Malang with an average value in the nutrition group of 1.89 mg/day and NWO 1.66 mg/day with p value = 0.59 (t-test, p> 0.05).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/193/051909276
Uncontrolled Keywords: kalsium, gizi lebih, Normal Weight Obesity (NWO), Wanita Usia Subur (WUS), calcium, over nutrition, Normal Weight Obesity (NWO), Women Reproductive Age (WRA)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.3 Diseases of digestive system > 616.39 Nutritional and metabolic diseases > 616.398 Obesity
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:32
Last Modified: 22 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175955
[thumbnail of Bella Diah Anisha.pdf]
Preview
Text
Bella Diah Anisha.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item