Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Makan Pada Atlet Sepakbola di Klub AREMA Kota Malang.

Puspaningasri, Regita (2019) Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Makan Pada Atlet Sepakbola di Klub AREMA Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku makan merupakan perilaku seseorang terhadap makanan yaitu mengenai pola makan, kebiasaan makan, dan pemilihan makanan. Perilaku makan atlet secara otomatis dapat mempengaruhi asupan gizi dimana asupan gizi yang seimbang pada atlet dapat mempengaruhi performa atlet untuk meraih prestasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku makan atlet klub sepakbola AREMA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Pada penelitian ini pengambilan data dilakukan terhadap informan utama dan informan pendukung yang akan di pilih berdasarkan kriteria inklusi yang telah di tetapkan peneliti. Peneliti tidak menetapkan jumlah informan melainkan berpatok terhadap pada titik jenuh. Data yang telah diambil di analisis dengan proses transkrip dan kemudian dituangkan menjadi kode dan tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 tema besar yang mempengaruhi perilaku makan pada atlet klub sepakbola AREMA yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi perilaku makan atlet adalah pengetahuan gizi, preferensi makan, kebiasaan individu, kebiasaan makan diluar, body image, dan kesadaran terhadap kesehatan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku makan atlet adalah ketersediaan pangan, pengaruh sosial, dan budaya.

English Abstract

Eating behavior is a person's behavior towards food which is about diet, eating habits, and food choices. Athlete's eating behavior can automatically influence nutritional intake where balanced nutrition intake for athletes can affect the performance of athletes to achieve their achievements. This study aims to determine the factors that influence the eating behavior of AREMA football club athletes. The research method used in this study is a qualitative method. In this study data collection was carried out on the main informants and supporting informants who will be selected based on the inclusion criteria that have been determined by the researcher. The researcher did not specify the number of informants but rather pegged to the saturation point. The data that has been taken is analyzed by the transcript process and then poured into codes and themes. The results showed that there were 2 major themes that influenced eating behavior in AREMA soccer club athletes, namely internal and external factors. Internal factors that influence athlete's eating behavior are knowledge of nutrition, eating preferences, individual habits, outside eating habits, body image, and awareness of health. While external factors that influence athlete's eating behavior are food availability, social, and cultural influences.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/191/051909278
Uncontrolled Keywords: Faktor, Perilaku Makan, Atlet Sepakbola, Factors, Eating Behavior, Soccer Athletes
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:38
Last Modified: 22 Oct 2021 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175953
[thumbnail of Regita Puspaningasri.pdf]
Preview
Text
Regita Puspaningasri.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item