Hubungan Antara Bermain Gawai dengan PeriIaku Perundungan Pada Anak Usia Sekolah Kelas IV-VI di SD Katolik Sang Timur Malang.

Indriyani, Oktavia (2019) Hubungan Antara Bermain Gawai dengan PeriIaku Perundungan Pada Anak Usia Sekolah Kelas IV-VI di SD Katolik Sang Timur Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini, dilakukan untuk menganalisa hubungan antara bermain Gawai dengan perilaku perundungan pada anak usia sekolah kelas IV-VI di SD Katolik Sang Timur Malang. Penelitian ini, menggunakan rancangan penelitian cross-sectional study (potong lintang) yang dilakukan dengan menyebar kuisioner untuk mengetahui gambaran perilaku perundungan serta bermain Gawai (meliputi frekuensi, durasi dan aplikasi yang digunakan). Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa/siswi dari kelas IV-VI di SD Katolik Sang Timur Malang dipilih dengan teknik purposive sampling. Mayoritas anak dalam penelitian ini memiliki frekuensi, durasi dan penggunaan aplikasi yang tinggi. Hasil uji analisis statistik menggunakan dua uji yaitu spearman correlation rank. Uji spearman correlation rank untuk domain frekuensi terhadap perilaku perundungan mempunyai p-value 0.000, durasi terhadap perilaku perundungan mempunyai p-value 0,036 dan aplikasi terhadap perilaku perundungan mempunyai p-value 0,046, ketiga nilai dalam uji tersebut bermakna. Dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan antara bermain Gawai dengan perilaku perundungan pada anak usia sekolah kelas IV-VI SD. Disarankan orangtua membatasi penggunaan gawai selama 1 jam/hari dan menghindari anak mengakses aplikasi yang berisi konten kekerasan sehingga tidak menstimulasi anak untuk melakukan perilaku kekerasan atau perundungan.

English Abstract

This study used a cross-sectional study design by distributing questionnaires to describe the behavior of bullying and playing smartphones (include the frequency, duration and the application used). Respondents in this study were 100 students from grade IV-VI at Catholic Elementary Sang Timur Malang selected by purposive sampling technique. The majority of the children in this study had frequency, duration and application usage that high. The results of the statistical analysis test use spearman correlation rank. The Spearman correlation rank test for the frequency domain for bullying behavior has a p-value of 0.000, the duration of bullying behavior has a p-value of 0.036 and the application of bullying behavior has a p-value of 0.046, the three values in the test mean that there is a relationship. From this study, it was found that there was a relationship between playing smartphone and bullying behavior in school-age children grade IV-VI elementary school. There are suggestions parents to pay more attention to limit the use of smartphones for 1 hour/day and avoid content so as not to stimulate children to commit violent behavior or bullying.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/9/051909175
Uncontrolled Keywords: Frekuensi, Durasi, Aplikasi Bermain Gawai, Perilaku Perundungan, Usia sekolah, Frequency, Duration, Application on Smartphone, Bullying Behavior, School Age
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.1 Environmental factors
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:30
Last Modified: 19 Oct 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175791
[thumbnail of Oktavia Indriyani.pdf]
Preview
Text
Oktavia Indriyani.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item