Evaluasi Penerapan Perubahan Simrs Antrian Pasien Pada Poli Penyakit Dalam Rsud Dr.Iskak Kabupaten Tulungagung

Ardona, Rio (2019) Evaluasi Penerapan Perubahan Simrs Antrian Pasien Pada Poli Penyakit Dalam Rsud Dr.Iskak Kabupaten Tulungagung. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Petugas poli penyakit dalam melakukan pelayanan menyimpang dari pelayanan yang seharusnya dilakukan. Petugas yang seharusnya memanggil pasien sesuai nomor urut antrian pada SIMRS, melakukan pemanggilan pasien berdasarkan urutan tumpukan berkas yang dikumpulkan oleh pasien. Manajemen rumah sakit merespon penyimpangan tersebut dengan melakukan perubahan SIMRS antrian pasien menjadi ditayangkan pada monitor poli. Untuk menilai keberhasilan SIMRS yang telah dibangun oleh rumah sakit, perlu dilakukan evaluasi pada penerapan SIMRS. Evaluasi dilakukan terhadap sistem yang telah berjalan untuk mengetahui aspek positif yang mendorong penggunaan sistem dan mengidentifikasi faktor negatif yang menimbulkan hambatan. Sebuah evaluasi yang dilakukan secara profesional akan menghasilkan temuan yang obyektif yaitu temuan apa adanya, baik data, analisis dan kesimpulannya tidak dimanipulasi yang pada akhirnya akan memberikan manfaat kepada perumus kebijakan, pembuat kebijakan dan pengguna. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan perubahan SIMRS antrian pasien pada poli penyakit dalam RSUD Dr.Iskak Kabupaten Tulungagung. Metode: Penelitian ini bertujuan menggambarkan realitas perubahan pelayanan dan memberikan penjelasan bagaimana penerapan SIMRS dan perubahannya ditinjau dari sisi manusia meliputi pengalaman sosial seseorang, perasaan dan perilaku pada poli penyakit dalam RSUD Dr.Iskak. Untuk menggambarkan realitas tersebut, peneliti memilih metode penelitian kualitatif. Sejak diimplementasikannya SIMRS antrian pasien ditayangkan pada monitor poli pada 2 januari 2019, belum pernah dilakukan evaluasi secara menyeluruh melalui sebuah penelitian. Mempertimbangkan bahwa implementasi program SIMRS di RSUD Dr.Iskak masih dalam proses pengembangan , maka model evaluasi yang paling tepat digunakan oleh peneliti adalah model evaluasi illuminative. Berdasarkan tujuan penelitian yang menggunakan evaluasi model illuminative, maka penelitian ini menggunakan model evaluasi illuminative dengan pendekatan etnografi. Hasil: Intepretasi hasil penelitian merupakan hasil evalusi peneliti terhadap SIMRS antrian yang ditayangkan pada monitor poli penyakit dalam dengan pendekatan model evaluasi illuminative. Dari dilakukannya evaluasi didapatkan hasil (1) Penayangan SIMRS antrian pada layar poli berhasil memperbaiki pelayanan, (2) terdapat kelemahan pada pelayanan di poli penyakit dalam setelah SIMRS antrian ditayangkan, (3) keberadaan pasien titipan lekat dengan nilai budaya masyarakat Tulungagung, (4) warisan budaya organisasi yang memicu celah pada peraturan rumah sakit, (5) nilai budaya petugas yang mampu mengkonversi ketidakpuasan kerja menjadi rasa bersyukur dan (6) setiap sisi manuasi sellalu memiliki harapan untuk lebih baik.

English Abstract

Background: Internal medicine polyclinic officers in performing services deviate from the services that should be done. The officer who is supposed to call the patient according to the queue sequence number on SIMRS, calls the patient based on the stack of files collected by the patient. Hospital management responded to the deviation by making changes to the SIMRS queue of patients to be displayed on polyclinic monitors. To assess the success of SIMRS that has been built by the hospital, it is necessary to evaluate the application of SIMRS. Evaluation is carried out on the system that has been running to find out the positive aspects that encourage the use of the system and identify negative factors that cause obstacles. A professional evaluation will produce objective findings that are findings as they are, both data, analysis and conclusions that are not manipulated which will ultimately benefit policy makers, policy makers and users. Objective: The aim of this study are to evaluate of SIMRS Application Changes for Patients Queues at the Internal Medicine Polyclinic Dr.Iskak Public Hospital Tulungagung. Method: This study aims to describe the reality of changes in service and provide an explanation of how the application of SIMRS and its changes in terms of the human side include a person's social experience, feelings and behavior in Internal medicine polyclinic. To illustrate this reality, researchers chose qualitative research methods. Since the implementation of SIMRS queue of patients aired on polyclinic monitors on January 2, 2019, there has never been a thorough evaluation through a research study. Considering the implementation of the SIMRS program in Dr.Iskak Hospital is still under development, the most appropriate evaluation model used by researchers is the illuminative evaluation model. Based on the purpose of the study using the illuminative evaluation model, this study uses an illuminative evaluation model with an ethnography approach. Results: The interpretation of the results of the study is the results of the researchers' evaluation of the SIMRS queue which was aired on the polyclinic monitor in internal medicine polyclinic with the illuminative evaluation model approach. From the evaluation, it was obtained (1) the display of SIMRS queues on the polycinic monitors screen succeeded in improving service, (2) there were weaknesses in the service in internal medicine polyclinic after the SIMRS queue was displayed, (3) the existence of the entrusted patients with the cultural values of Tulungagung, (4) organizational cultural heritage that triggers a gap in hospital regulations, (5) the cultural value of officers who are able to convert job dissatisfaction into gratitude and (6) each human side always has hope for better.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.106 8/ARD/e/2019/041906266
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL - MANAGEMENT COMPANIES, HOSPITAL - ADMINISTRATION
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.106 8 Management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:54
Last Modified: 15 Nov 2019 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175597
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item