Pengaruh Media RPG Berbasis Strategi Mitigasi Bencana terhadap Keterampilan Menyajikan Tanggapan Siswa Kelas VIII

Maulana, Hidayat Nur (2019) Pengaruh Media RPG Berbasis Strategi Mitigasi Bencana terhadap Keterampilan Menyajikan Tanggapan Siswa Kelas VIII. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif dan hanya meningkatkan keterampilan kognitif pemahaman dan penerapan ditemukan saat observasi di kelas. Selain itu, siswa belum memiliki kesadaran tentang sampah. Oleh karena itu, keberadaan media RPG berbasis mitigasi bencana diharapkan menjadi media pembelajaran yang menunjang era Revolusi Industri 4.0 dan meningkatkan kesadaran siswa terhadap sampah. RPG disajikan dua dimensi berupa jalan cerita meningkatkan penguasaan HOTS dengan alur menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi teks berita. Isi dalam game RPG ini adalah petunjuk penggunaan media, materi, latihan, dan evaluasi. Kompetensi dasar dalam RPG ini adalah kompetensi dasar menyajikan tanggapan dari buku nonfiksi dengan topik pembahasan berupa strategi mitigasi bencana. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan pendekatan kuantitatif. Subjek terbagi menjadi kelas kontrol dan eksperimen dengan kegiatan pretest dan posttest. Hasilnya thitung lebih dari ttabel atau 1,321 lebih dari 2,007. Itu menunjukkan bahwa media RPG berbasis mitigasi bencana berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keterampilan menyajikan tanggapan. Selain itu, sikap peduli siswa terhadap sampah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan perubahannya di kegiatan pretest dan posttest.

English Abstract

The use of learning media that is less innovative and only enhances cognitive skills of understanding and application is found during classroom observations. Besides, students do not have awareness about garbage. Therefore, the existence of RPG media based on disaster mitigation is expected to be a learning media that supports the era of Industrial Revolution 4.0 and increases student awareness of garbage. The RPG is presented in two dimensions in the form of a storyline to improve HOTS's mastery by analyzing, evaluating, and creating news texts. The contents in this RPG game are instructions for using media, material, training, and evaluation. The basic competencies in this RPG are basic competencies presenting responses from nonfiction books with the topic of discussion in the form of disaster mitigation strategies. This research is a purely experimental research with a quantitative approach. Subjects are divided into control classes and experiments with pretest and posttest activities. The result of tcount is more than t table or 1,321 more than 2,007. It shows that RPG media based on disaster mitigation has an effect but not significant to the skill of presenting responses. In addition, students' caring attitude towards garbage has increased as indicated by their behavior in the pretest and posttest activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/290/051908790
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Media RPG, Keterampilan Menyajikan Tanggapan, Pembelajaran Mitigasi Bencana-Effect of RPG Media, Response Presenting Skills, Disaster Mitigation Learning.
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.33 Teaching aids, equipment, materials
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Oct 2020 11:25
Last Modified: 16 Dec 2021 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175474
[thumbnail of Hidayat Nur Maulana.pdf]
Preview
Text
Hidayat Nur Maulana.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item