Wardani, Rhomadiana Rida Putri (2019) Strategi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Media Elektronik (Studi di SMK Telkom Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Strategi pembelajaran adalah setiap kegiatan yang dipilih dan dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada anak didik dalam menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu. Proses pembelajaran menggunakan media elektronik merupakan pembelajaran yang tidak lepas dari bantuan media seperti komputer, laptop, gadget, smarth TV, dan lain sebagainya. Strategi sekolah dalam proses pembelajaran menggunakan media elektronik bertujuan mempermudah segala bentuk proses pembelajaran dan menghasilkan pembelajaran yang efektif. Proses penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April samapi Juli 2019 yang beralokasi di Jalan Danau Ranau Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan siklus penelitian di SMK Telkom Malang. Indikator-indikator yang diteliti yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan media elektronik yang dilakukan di SMK Telkom Malang. Sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan untuk data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan alat penunjang lain seperti recorder, kamera dan alat bantu lainya. Hasil penelitian bahwa Strategi sekolah menengah kejuruan dalam proses pembelajaran menggunakan media elektronik di SMK Telkom Malang terdapat upaya dalam mencapai tujuan SMK Telkom Malang yaitu pengembangan kurikulum, pengembangan SDM, pengembangan media elektronik, pengembangan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media elektronik. SMK Telkom Malang seperti yang dituturkan oleh kepala sekolah bahwa siswa wajib mempunyai laptop karena segala proses bentuk pembelajaran tidak lepas dari penggunaan media tersebut seperti proses pembelajaran menggunakan fitur GAFE (Google For Education), ujian berbasis web, penunjang akademik menggunakan Siakad dan juga support sistem lain dari implementasian penggunaan iGracias.
English Abstract
Learning strategies are each activity chosen and can provide facilities or assistance to students in achieving certain learning goals. The learning process using electronic media is learning that can nott be separated from the help of media such as computers, laptop, gadgets, smarth tv, and so forth. The school strategy in the learning process uses electronic media that facilitates effective learning and learning processes. The process of this research, the author uses a type of descriptive research using qualitative assessment. This research was conducted in April 2019 which is located on Jalan Danau Ranau Sawojajar, Kedungkandang District, Malang City with a research cycle at Telkom Vocational High School Malang. The indicators studied were the learning process using electronic media conducted at Telkom Vocational High School Malang. The source of primary data obtained from interviews from related informants, while for secondary data obtained from documents relating to the topic of research. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The research instrument uses interview guidelines and other supporting tools such as recorders, cameras and other assistive devices. The results of the research that the Vocational High School strategy in the learning process using electronic media in Vocational High School Malang is an effort to achieve the goals of Vocational High School Telkom Malang namely curriculum development, Human Resources development, electronic media development, information technology development in the learning process, and the implementation of learning using electronic media. Telkom Malang Vocational School as told by the principal that students must have laptop because all forms of learning are inseparable from the use of such media such as the learning process using the GAFE feature (Google For Education), web-based exams, academic support using Siakad and other system support from the implementation of the use of iGracias.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/641/051909530 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.33 Teaching aids, equipment, materials |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 08:42 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 08:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175282 |
Actions (login required)
View Item |