Masyithoh, Dewi (2019) The Influence of System Quality, Information Quality, and Service Quality on User Satisfaction of Grab Application Transportation (Survey on University of Brawijaya Student). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini berdasar pada penerapan Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan pada aplikasi transportasi Grab, yang nantinya akan meningkatkan kepuasan pengguna dan mendukung kesuksesan implementasi sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna pengguna aplikasi transportasi Grab, 2) Pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna aplikasi transportasi Grab, 3) Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi transportasi Grab, dan 4) Pengaruh kualitas system, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna pengguna aplikasi transportasi Grab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling berjumlah 100 responden dari mahasiswa Universitas Brawijaya dengan menentukan beberapa pertimbangan tertentu. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic deskriptif dan regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas system berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi transportasi Grab, 2) Kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi transportasi Grab, 3) Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi transportasi Grab, dan 4) Kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi transportasi Grab. Penelitian ini menyarankan agar pihak perusahaan layanan transportasi Grab tetap menjaga dan secara berkelanjutan melakukan perbaikan pada sistem informasi yang dijalankan, peneliti selanjutnya dapat melibatkan penyedia layanan transportasi online lainnya. Peneliti juga dapat mengintegrasikan variabel lain sehingga analisis data dan temuan yang diperoleh akan lebih beragam dan dapat menyempurnakan kajian akademis yang dilakukan saat ini.
English Abstract
This research is based on System Quality, Information Quality, and Service Quality in hope that it will increase User Satisfaction of Grab transportation application and support the success of system implementation. This research aims to determine: 1) The influence of System Quality on User Satisfaction of Grab Transportation Application, 2) The influence of Information Quality on User Satisfaction of Grab Transportation Application, 3) The influence of Service Quality on User Satisfaction of Grab Transportation Application, 4) The influence of System Quality, Information Quality, and Service Quality on User Satisfaction of Grab Transportation Application. The type of research used is explanatory research. Sampling technique used in this research is purposive sampling with a total of 100 respondents from University of Brawijaya students by determines certain criteria. Data analysis method using descriptive statistics and multiple regression. The results show that: 1) System Quality has significant influence on User Satisfaction of Grab Transportation Application, 2) Information Quality has significant influence on User Satisfaction of Grab Transportation Application, 3) Service Quality has significant influence on User Satisfaction of Grab Transportation Application, 4) System Quality, Information Quality, and Service Quality has significant influence on User Satisfaction of Grab Transportation Application. This research suggests Grab transportation service company to maintains the information system and keeps it up with system maintenance, the next researcher can involve other online transportation service providers, also integrate other variables so, the analysis of data and findings obtained will be more diverse and enhance current academic studies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/652/051909600 |
Uncontrolled Keywords: | System Quality, Information Quality, Service Quality, User Satisfaction |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 3 Control and quality management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 16:18 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 04:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175250 |
Text
Dewi Masyithoh (2).pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |