Analisis Islamic Religious Attributes pada Atribut Produk Wisata sebagai Pembentuk Citra Destinasi Wisata Ramah Muslim (Studi pada Korea Selatan sebagai Negara Non-OKI penyedia Destinasi Wisata Ramah Muslim).

Asyafri, Detyani Putri (2019) Analisis Islamic Religious Attributes pada Atribut Produk Wisata sebagai Pembentuk Citra Destinasi Wisata Ramah Muslim (Studi pada Korea Selatan sebagai Negara Non-OKI penyedia Destinasi Wisata Ramah Muslim). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bertambah banyaknya penduduk beragam Islam tentu diikuti dengan potensi pasar Muslim dunia yang cukup besar dan menarik. Sehingga munculah konsep halal tourism atau Muslim Friendly Tourism yang diterapkan di berbagai negara. Perkembangan wisata ramah Muslim di berbagai negara di dunia tentu dipandang menjadi salah satu peluang tidak hanya bagi negara mayoritas Muslim, namun juga negara Non-OKI seperti Korea Selatan. Pertumbuhan wisatawan yang datang ke Korea Selatan salah satunya dipengaruhi oleh adanya Hallyu atau Korean Wave. Wisatawan dari Indonesia termasuk salah satu yang merupakan sasaran dari Hallyu. Dalam berwisata, wisatawan Muslim memiliki kebutuhan khusus seperti tersedianya makanan halal dan tempat untuk beribadah. Dengan kebutuhan khusus ini, yang dapat disebut ‘Islamic Religious Attributes’ apabila tersedia di destinasi wisata maka akan membentuk citra destinasi wisata ramah Muslim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif sebagai upaya menghasilkan informasi yang mendalam. Rumusan masalah yang dikaji peneliti, yaitu: (1) Apa saja atribut produk wisata ramah Muslim yang ditawarkan oleh Korea Selatan? (2) Bagaimana persepsi wisatawan Muslim terhadap ‘Islamic Religious Attributes’ pada atribut produk wisata di Korea Selatan? (3) Bagaimana ‘Islamic Religious Attributes’ pada atribut produk wisata sebagai pembentuk citra destinasi wisata ramah Muslim di Korea Selatan? Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya dua faktor dalam pembentukan citra destinasi wisata ramah Muslim yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung antara lain adanya atraksi, transportasi infrastruktur yang memadai, serta tersedianya makanan halal dan keamanan yang terjamin untuk wisatawan Muslim. Faktor penghambat adalah fasilitas ibadah untuk wisatawan Muslim yang belum merata, tempat yang ramah Muslim masih belum menyeluruh serta perbedaan budaya. Peneliti memberikan saran kepada stakeholder terkait untuk menyediakan kebutuhan dasar wisatawan Muslim, serta memberikan informasi yang jelas kepada wisatawan Muslim agar dapat membentuk citra baik sebagai destinasi wisata yang ramah Muslim.

English Abstract

Muslim population number increased certainly followed by the potential of large and interesting world’s Muslim market. So that comes the concept of halal tourism or Muslim-Friendly tourism tat applied in various countries. The development of Muslim-Friendly tourism in various countries in the world is certainly seen considered to be one opportunities not only for Muslim majority countries, but also Non-OIC countries like South Korea. Tourist growth coming to South Korea are influenced by the presence of Hallyu or Korean Wave. Tourist form Indonesia are among the targets of Hallyu. When traveled, Muslim tourist had special needs such as the availability of halal food and places to worship. With these special need, which can be called ‘Islamic Religious Attributes’ if that available at a tourist destination formed the image of Muslim-Friendly tourist destination. This research used descriptive research method with qualitative approach as an effort to produce in-depth information. The problem formulations studied by the researchers, are: (1) What are the attributes of Muslim-friendly tourism offered by South Korea? (2) How is the perception of Muslim tourist on ‘Islamic Religious Attributes’ in tourism attributes products in South Korea? (3) How ‘Islamic Religious Attributes on tourist attributes products as image builders of Muslim-friendly tourist destination in South Korea? Sources of data in this study are informants and documents, the type of data used was primary data and secondary data. Data collection techniques used by researchers are observation, interviews, and documents. The result of this study indicate there are two factors in formation the image of Muslim-friendly tourist destination is supporting factors and obstacle factors. Supporting factors such as attractions, transportation and infrastructure, the availability of halal food, and security for Muslim tourist. The obstacle factors are that worship facilities for Muslim are not evenly distributed, Muslim-friendly places still not comprehensive and cultural differences. The researcher advice to stakeholders to provide basic needs of Muslim tourist in order to form a good image as a Muslim-friendly tourist destination.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/667/051909617
Uncontrolled Keywords: wisata ramah Muslim, atribut produk wisata, citra destinasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Aug 2020 07:03
Last Modified: 15 Nov 2020 17:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175115
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item