Pengaruh Media Motif Gabung Sambung Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Malang

Gayatri, Elisabet Nimas (2019) Pengaruh Media Motif Gabung Sambung Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Malang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran menulis puisi karena guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dengan bantuan media power point saja, siswa kesulitan dalam menemukan kosa kata yang sesuai, sulit menuangkan dan mengembangkan ide dalam menulis puisi, serta mengalami kesusahan dalam menentukan unsur-unsur pembangun puisi. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) untuk mendeskripsikan penerapan media motif gabung sambung dalam keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 5 Malang, (2) untuk mendeskripsikan pengaruh media motif gabung sambung dalam keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen murni yang menggunakan model pretest-posttest control group design atau menggunakan pretest dan posttest. Instrumen penelitian meliputi soal pretest, soal posttest, rubrik penilaian, pedoman wawancara, catatan lapang, rumus validitas isi, butir soal continue, dan rumus reliabilitas. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes, wawancara, studi pendahuluan, catatan lapang, uji validitas, dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil yang didapatkan pada uji t skor posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui bahwa hasil uji-t pada skor posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, diketahui bahwa thitung sebesar 2,058 dengan df 63. Berdasarkan taraf signifikan 5% dengan df 63 maka diperoleh ttabel sebesar 1,999. Dengan demikian, hasil yang diperoleh thitung>ttabel (2,058 > 1,999) menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa Ho yang menyatakan bahwa media motif gabung sambung tidak berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi kelas X SMK 5 Malang diterima, sedangkan Ha yang menyatakan bahwa media motif gabung sambung berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi kelas X SMK 5 Malang ditolak.

English Abstract

Backgroud of the study are the X grade students of SMKN 5 Malang were difficult in the process of writing poetry since tearchers often use lecture method helped by powerpoints only. Students are difficult to find appropriate vocabularies, they are difficult to develop ideas in writing poetry, difficult to determine the elements of poetry builder. The aims of the study are (1) to describe the implementation of cluster and connect motive media in writing poetry skill of X grade students in SMKN 5 Malang, (2) to describe the effect of cluster and connect motive media of X grade students in SMKN 5 Malang. This study used quantitative approach with true experimental design which used pretest-posttest control group design or uses pre-test and pos-test. The instruments of study were pre-test questions, post-test questions, scoring rubrics, interview guidelines, field note, content validity formulas, continue questions, and reliability formulas. The techniques of collecting the data were using test, interview, preliminary study, field note, validity and reliability test. The data analysis used normality test, homogeneity test, and t-test. The results were obtained.post-test of t-test in experimental group and control group found that tcount are 2,058 with the dF are 63. Based on the significance value which is 5% with the dF 63 are revealed that ttable are 1,999. Therefore, the results of tcount>ttable (2,058 > 1,999) showed that there is no significance differences. It can be concluded that Ho which stated that motive of cluster and connect media are not affected poetry writing skills to be accepted, mean while Ha which stated that motive of cluster and connect media are affected poetry writing skills to be rejected.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/1/051908523
Uncontrolled Keywords: pengaruh motif gabung sambung, keterampilan menulis puisi-the effect of motif gabung sambung, poerty writing skills
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Oct 2020 17:38
Last Modified: 05 Mar 2024 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174990
[thumbnail of Elisabet Nimas Gayatri.pdf] Text
Elisabet Nimas Gayatri.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item