Empat Radio Satu Suara” (Upaya Masima Radio Networks: Prambors Radio, Delta FM, Bahana FM serta FeMale Radio dalam Mempertahankan Eksistensi Radio di Era Konvergensi Media, Studi Kajian dalam Ekonomi Media dan Manajemen Media)

Salsabila, Gita (2019) Empat Radio Satu Suara” (Upaya Masima Radio Networks: Prambors Radio, Delta FM, Bahana FM serta FeMale Radio dalam Mempertahankan Eksistensi Radio di Era Konvergensi Media, Studi Kajian dalam Ekonomi Media dan Manajemen Media). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkemabngan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersediri bagi media konvensional untuk mejaga eksistensi dan relevansi di tengah persaingan antar media massa saat ini. Sebagai upaya untuk menjaga eksistensi, kini radio mencoba menggunakan teknologi informasi dengan mengembangkan aplikasi streaming yang memudahkan para pendengar maupun konsumen media secara umum untuk mengakses media, hal ini termasuk sebagai salah satu fenomena konvergensi. Konvergensi merupakan penyatuan berbagai macam teknologi dan bentuk media yang hadir secara bersamaan. Konvergensi pada akhirnya akan mengarah pada bentuk-bentuk yang dikenal sebagai komunikasi multimedia (Fidler, 2003). Penelitian ini memberikan perhatian terhadap upaya Masima Radio Networks yang merupakan group dari beberapa radio ternama, diantaranya: Prambors Radio, Delta FM, Bahana FM, dan FeMale Radio dalam mempertahankan eksistensi radio di era konvergensi media dengan fokus studi ekonomi media dan manajemen media. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode ini dipilih agar penelitian ini dapat memberikan gambaran yang mendalam mengenai upaya Masima Radio Networks dalam mempertahankan eksistensinya di era konvergensi media. Penelitian ini menemukan bahwa radio-radio dalam Masima Radio Networks tidak hanya mengembangkan aplikasi streaming radio, namun juga mengelola akun media sosial, di dalam akun-akun media sosial Masima Radio Networks terlihat bahwa media sosial turut digunakan sebagai salah satu media untuk pendapatan media, yaitu melalui iklan, tidak hanya itu, konten yang disajikan juga beragam mulai dari video hingga gambar, hal ini peneliti simpulkan sebagai temuan bahwa Masima Radio Networks melakukan pengembangan konten di media sosial di era konvergensi media ini dan tetap tidak meninggalkan ciri khas utama dan keunggulan media group ini sebagai media radio, peneliti simpulkan bahwa hal ini membuat Masima Radio Group, kini sebagai perusahaan multimedia

English Abstract

Development of information technology and communication become an interesting challenge that conventional media industry have to face to stay relevant for the customer. As an effort to stay put, now radio uses information technology to develop streaming application so the listener could listen to radio anywhere as long as they have internet connection, this act could be defined as convergence phenomena. Convergence is a way that media uses multi technology and multimedia to deliver messages to the listener/ media customer. In the end convergence made communication through multimedia (Filder, 2013). The purpose of this research is to give attention to the effort of Masima Radio Networks the group of several well-known radio like Prambors Radio, Delta FM, Bahana FM, dan FeMale Radio to stay relevant in the era of media convergence with focus of media economic and media management. This research uses qualitative as methods, aiming to get a deep and comprehensive data of how Masima Radio Networks stay relevant in the era of media convergence. This research found that radios in Masima Radio Networks not just developed streaming application as an act of media convergence, but also develop and present in social media via official radio page. Several contents are presented on Masima Radio Networks official radio(s) pages from picture to video and have potential to gain income and partnership through advertaising. The conclusion of this research is Masima Radio Networks present in social media but still protecting and protect their true core and characteristics and this could be said that now Masima Radio Networks is not just a radio-based media but a multimedia company.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/756/051908175
Uncontrolled Keywords: Konvergensi media, Radio, Media Sosial, Multimedia, Media convergence, radio, social media, multimedia
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Oct 2020 04:45
Last Modified: 18 Oct 2020 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174908
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item