Brand Image Pakaian Adidas Dibenak Konsumen ( Studi Kuantitatif Deskriptif Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2013 Universitas Brawijaya Malang )

Soeratinojo, Talitha Octania (2019) Brand Image Pakaian Adidas Dibenak Konsumen ( Studi Kuantitatif Deskriptif Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2013 Universitas Brawijaya Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Memahami selera konsumen menjadi perhatian berbagai macam industri salah satunya adalah industri pakaian olahraga. Dalam empat tahun terakhir produk pakaian olahraga Adidas menjadi top brand sportwear 2015-2018. Semua perusahaan berusaha menciptakan brand image dengan banyak kekuatan, keunggulan dan keunikan dengan sebaik mungkin. Dari penelitian ini, peneliti ingin melihat bagaimanakah brand image pakaian Adidas dibenak konsumen dan indikator manakah yang mendominasi, apakah dari segi strength (kekuatan), dari segi keunggulan (favourable), ataukah dari segi uniqueness (keunikan). Karena peneliti menemukan ada perdebatan pada beberapa penelitian mengenai indikator manakah yang mendominasi brand image Adidas dibenak konsumen. Peneliti menggunakan tolak ukur brand image menurut Kotler karena menggunakan pendekatan berbasis konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Brand Image Adidas dibenak konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu keunggulan (X1), keunikan (X2) dan kekuatan (X3). Populasi yang digunakan adalah Mahasiswa FISIP program studi Ilmu Komunikasi angkatan 2013 Universitas Brawijaya Malang dengan total sampel sebanyak 76 responden dengan tekhnik purposive sampling. Tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS 21. Hasil dari penelitian ini membuktikan asumsi teoritis bahwa variabel keunggulan (X1) pakaian Adidas mendominasi benak konsumen yang merupakan 76 mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya Malang dengan jumlah rata-rata 34,12%. Dibandingkan variabel strength (kekuatan) yang berjumlah rata-rata hanya 25,62% sedangkan jumlah rata-rata terkecil adalah variabel uniqueness (keunikan) yaitu 18,50%. Hasil penelitian ini selaras dengan penelitian oleh Alvian B (2012) yang menyatakan pula bahwa keunggulan menjadi variabel yang mendominasi dibandingkan variabel kekuatan dan keunikan.

English Abstract

Understanding consumer tastes is the concern of various industries, one of which is the sports clothing industry. In the past four years, Adidas sportswear products have become the top brand sportwear 2015-2018. All companies try to create a brand image with as much strength, excellence and uniqueness as possible. From this study, researchers wanted to see how the brand image of Adidas clothing in the minds of consumers and which indicators dominate, whether in terms of strength, in terms of excellence, or in terms of uniqueness. Because researchers find there is debate on several studies about which indicators dominate the Adidas brand image in the minds of consumers. Researchers use brand image benchmarks according to Kotler because it uses a consumer-based approach. This study aims to find out how Adidas Brand Image in the minds of consumers. This research is a quantitative descriptive study with data collection methods using online questionnaires. In this study there are three variables, namely excellence (X1), uniqueness (X2) and strength (X3). The population used is the FISIP Student Communication Studies program class of 2013 Brawijaya University Malang with a total sample of 76 respondents with purposive sampling technique. Data analysis techniques in this study used descriptive statistics using SPSS 21. The results of this study prove the theoretical assumption that the superiority variable (X1) of Adidas clothing dominates the minds of consumers who are 76 students of the Communication Studies program at FISIP Brawijaya University Malang with an average of 34.12%. Compared to the strength variable, the average number is only 25.62%, while the smallest average number is the uniqueness variable, which is 18.50%. The results of this study are in line with research by Alvian B (2012) which also states that excellence is a dominating variable compared to variables of strength and uniqueness

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/750/051908169
Uncontrolled Keywords: brand image, adidas, konsumen. brand image, adidas, consumers.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:40
Last Modified: 03 Feb 2023 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174891
[thumbnail of Talitha Octania Soeratinojo.pdf] Text
Talitha Octania Soeratinojo.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item