Dewi, Melati Sukma (2019) Account Instagram @Lambe_Turah As New Infotainment Platform. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi memudahkan masyarakat dalam memilih dan mengkonsumsi informasi yang dibutuhkan. Instagram yang merupakan bentuk new media, menyediakan berbagai informasi yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Infotainment merupakan informasi yang saat ini diminati oleh masyarakat menyebabkan munculnya akun-akun gosip di Instagram. Akun @Lambe_turah merupakan salah satu akun gosip yang mendapatkan keuntungan melalui informasi yang disebarkan dan menimbulkan praktik komodifikasi konten. Penelitian ini membahas bagaimana akun @Lambe_turah melalukan praktik komdifikasi konten pada postingan periode bulan Januari 2019. Teori yang digunakan yaitu ekonomi politk media yang digagas oleh Vincent Mosco dan juga menggunakan konsep new media. Teknik analisis data yang digunakan yaitu netnografi menurut kozinets. Berdasarkan hasil dari penelitian ditemukan bahwa, akun @Lambe_turah memiliki tiga jenis konten, yaitu kehidupan pribadi public figure, isu kontroversi, dan juga promosi. Pada postingan @Lambe_turah, isu kontroversi merupakan informasi yang lebih banyak atau sering diposting dibandingkan kedua jenis konten lainnya. Hal ini dikarenakaan informasi tersebut memiliki banyak respon dari netizen yang dapat dilihat dari fitur komentar dan like. Namun, disetiap caption cenderung menggunakan istilah ciri khas mereka “minceu” dan juga kurang menjelaskan mengenai informasi yang diposting. @Lambe_turah mendapatkan keuntungan dari konten yang dimiliki, sehingga kini akun tersebut beralih sebagai akun bisnis lokal. Dengan demikian, @Lambe_turah melakukan praktik komodifikasi konten yaitu dengan cara menjadikan informasi mengenai public figure sebagai komoditas. Informasi yang seharusnya bersifat privat, dijadikan sebagai alat keuntungan @Lambe_turah. Hasil keuntungan tersebut dapat dilihat dari paid promote yang dilakukan pada postingan dan instastory.
English Abstract
The development of technology can make people easier to choose and use the information needed. Instagram which is a new form of media provides various information that can be obtained by the public. Infotainment is information that currently in demand by the public caused by gossip accounts on Instagram itself. The @Lambe_turah account is one of the most popular gossip account. It gets benefits through information disseminated and causes the practice of commodification of content. This study will discuss how the commodification of content practices occur in @Lambe_turah account. The theory used is the political economy of the media which was initiated by Vincent Mosco and also uses new media concepts. The data analysis technique used is netnography according to kozinets. Based on the results of the study, it was found that the @Lambe_turah account had three types of content, namely the personal lives of public figure, controversy issues, and promotions. In the @Lambe_turah post, the issue of controversy is the most information that frequently posted than the other two types of content. It is because this information has many responses from netizens who can be seen from the comments and likes feature. Every caption in @Lambe_turah contains speculation and gives the opportunity for reader to share their opinions in the comments. However, the caption uses the special term "Minceu" and also does not explain the information posted. @Lambe_turah gets benefits from the content that is owned, so now the account becomes a local business account. Thus, @Lambe_turah practices the commodification of content by making information about public figures as trafficked. Information is intended as private, made as a profit for @Lambe_turah. The results of these profits can be seen from paid promotions made on posts and instagram story.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/802/051908220 |
Uncontrolled Keywords: | Komodifikasi konten, @Lambe_tura, Content commodification, @Lambe_turah |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 15:33 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 15:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174819 |
Actions (login required)
View Item |