Diversifikasi Fitur LINE Social Messaging

Nasyaya, Mumtaz (2019) Diversifikasi Fitur LINE Social Messaging. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan internet membuat tidak adanya batasan ruang dan waktu dalam mentransmisikan informasi yang akan meningkatkan interaktivitas antar penggunanya. Kemudahan yang ditawarkan internet ini meningkatkan persaingan pasar di media digital. Peningkatan persaingan pasar memicu pengembang aplikasi dan perusahaan media digital untuk terus mengikuti tren agar dapat relevan dengan pengguna dan mempertahankan pasar. Hal ini juga dilakukan aplikasi LINE sebagai aplikasi pengiriman pesan untuk terus mengembangkan aplikasinya melalui diversifikasi berbagai fitur LINE. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma kritis sebagai upaya untuk mengidentifikasi pergeseran fungsi aplikasi LINE sebagai bentuk praktik integrasi horizontal melalui diversifikasi fitur serta untuk mendeskripsikan perubahan pola konsumsi informasi pada Social Messaging System LINE. Pengumpulan data dilakukan dengan cara FGD, observasi, studi dokumen, dan wawancara mendalam melalui teknik snowball sampling. Berdasarkan hasil temuan data, aplikai LINE melakukan diversifikasi fitur untuk meningkatkan profit dan sebagai usaha untuk mempertahankan pasar ditengah perkembangan teknologi media digital. Usaha tersebut ditunjukkan dengan berbagai pengembangan fitur yang menyediakan layanan berbayar dan promosi. LINE juga membentuk kerja sama strategis dengan pihak lain serta mengembangkan fitur news aggregator sebagai penyedia informasi.

English Abstract

Internet development make increasing interactivity between the user. This ease will increase market competition between application developer and digital media companies to keeping up with trends and maintain markets. LINE as Instant Messaging application to make innovation to developing its application. LINE developing the application with features diversification. This research is descriptive qualitative research to identify horizontal integration in LINE social messaging with features diversification. This research seeks to describe shifting information consumption in LINE. Data collection was done by using FGD, observation, documentation, and deep interview with snowball sampling technique. Based on the finding data, LINE apps execute features diversification to survive in digital media markets and to increasing revenue. The attempt to survive in market is demonstrated by paid products and promotion in some features. LINE also make strategic cooperation with other developer to maintain the markets with making news aggregator feature.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/803/051908221
Uncontrolled Keywords: diversifikasi fitur, pola konsumsi informasi, aplikasi LINE, social messaging system. features diversification, shifting information consumption, LINE Apss, social messaging system.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Oct 2020 07:31
Last Modified: 02 Oct 2020 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174816
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item