Membedah Konsep Teks sebagai Retorika Visual pada Platform Media Sosial (Studi Retorika Visual pada stiker LINE dan WhatsApp)

Saputra, Gaby Bunga (2019) Membedah Konsep Teks sebagai Retorika Visual pada Platform Media Sosial (Studi Retorika Visual pada stiker LINE dan WhatsApp). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi 4.0 menghadirkan berbagai pola komunikasi baru bagi manusia, salah satunya dengan hadirnya fitur berbagi stiker pada berbagai instant messanger.. Pengguna bukan hanya dapat bertukar pesan teks (bahasa), namun juga dapat bertukar stiker sebagai perwakilan dari kata-kata. Hal ini masuk dalam ranah retorika visual, bagaimana bukan hanya manusia yang mampu beretorika, namun stiker juga mampu menyampaikan gagasan dari makna yang terkandung dalam stiker tersebut. Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan retorika visual untuk membahasakan pesan pada setiker Koko, Cony, Brown dan Komo pada media sosial LINE dan WhatsApp. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang memungkinkan peneliti untuk mendeskripsikan dan menganalisis 30 (tiga puluh) stiker, 10 (sepuluh) stiker Koko, 5 (lima) stiker Cony, 5 (lima) stiker Brown, 10 (sepuluh) stiker Komo, menggunakan skema retorika visual milik Sonja K. Foss. Berdasarkan hasil analisis retorika visual pada 30 (tiga puluh) stiker LINE dan WhatsApp, diketahui bahwa fitur ini hadir untuk mewakilkan gambaran atau representasi kegiatan, emosi dan perasaan sesuai suasana hati pengirim stiker. Berbagai elemen visual yang ada pada stiker, baik implisit dan eksplisit memiliki arti yang penting untuk mengerti makna pesan dati stiker dan kemudian tercipta kondisi persuasi. penggambaran figur stiker menciptakan situasi personifikasi, digambarkan seperti manusia dan melakukan kegiatan manusia. Pada akhirnya, stiker pada aplikasi pesan singkat LINE dan WhatsApp memenyhi syarat sebagai artefak retorika visual. Saran bagi penelitian selanjutnya agar dapat mengkaji retorika visual yang terkandung dalam berbagai objek visual yang hadir pada teknologi 4.0. Bagi khalayak diperlukan sikap kritis dalam menafsirkan pesan yang disampaikan oleh creator stiker dan berbagai objek visual lainnya.

English Abstract

The development of technology 4.0 presents a variety of new communication patterns for humans, one of which is by presenting sticker sharing features on various instant messengers LINE and WhatsApp. Users can not only send a text messages (languages), but also can send a stickers as representatives of words. This is included in the realm of visual rhetoric, how not only are humans capable of rhetoric, but stickers are also able to understand the meaning contained in these stickers. This research tries to describe and analyze the use of visual rhetoric to express the message to the Koko, Cony, Brown and Komo strikers on LINE and WhatsApp social media. This study uses a qualitative method that allows researchers to describe and analyze 30 (thirty) stickers, 10 (ten) Koko stickers, 5 (five) Cony stickers, 5 (five) Brown stickers, 10 (five) Komo stickers, using rhetoric visually belongs to Sonja K. Foss. Based on the results of the visual rhetoric analysis on 30 (thirty) LINE and WhatsApp stickers, this feature is recognized to represent images or representations of activities, dialogues and feelings in accordance with the stickers' desires. The various visual elements on the sticker, both implicit and explicit, have important meanings for understanding the meaning of sticker messages and then being created. depictions of sticker figures make discussion, draw like humans and do human activities. In the end, stickers on the short message application LINE and WhatsApp cut requirements as visual rhetoric artifacts. Suggestions for further research to be able to examine visual rhetoric contained in various visual objects that are present in 4.0 technology. For the public, a critical attitude is required in assigning messages conveyed by the creators of stickers and various other visual objects.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/800/051908218
Uncontrolled Keywords: Retorika Visual, Stiker, Pesan Singkat, LINE dan WhatsApp, Visual Rhetoric, Stickers, Short Messages, LINE and WhatsApp
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.24 Content
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Oct 2020 05:04
Last Modified: 07 Dec 2021 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174814
[thumbnail of Gaby Bunga Saputra.pdf] Text
Gaby Bunga Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item