Studi Elaboration Likelihood Model Pada Rute Peripheral: Pengaruh Efektivitas Iklan Webseries ‘Unilever: Jelang Buka’ Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Efektivitas Iklan pada Pemirsa Webseries UNILEVER versi Jelang Buka di Youtube)

-, Amelia (2019) Studi Elaboration Likelihood Model Pada Rute Peripheral: Pengaruh Efektivitas Iklan Webseries ‘Unilever: Jelang Buka’ Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Efektivitas Iklan pada Pemirsa Webseries UNILEVER versi Jelang Buka di Youtube). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Elaboration likelihood model adalah salah satu teori yang digunakan untuk memahami proses yang mendasari efektivitas komunikasi persuasif seperti yang dinyatakan oleh pendiri Petty & Cacioppo (1983). ELM dapat menjelaskan bagaimana seseorang memproses informasi yang diterima dan memprediksi apakah pesan tersebut memiliki pengaruh pada perubahan sikap dan retensi pesan. Sebagaimana dijelaskan dalam ELM; ada dua rute persuasi yang utama yaitu rute sentral dan rute periferal. Dalam hal ini, webseries yang diberi judul ‘Jelang Buka’ oleh Unilever menggunakan isyarat periferal sebagai upaya komunikasi persuasif. Dengan demikian, ELM digunakan untuk menjelaskan pengaruh isyarat periferal yang ditemukan di situs web 'Jelang Buka' terhadap niat untuk membeli di antara audiens. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan metode kuantitatif yaitu melalui kuesioner survei terhadap 100 responden dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin dan menjadikan pemirsa webseries yang sudah menonton seluruh episode webseries Jelang Buka sebagai subjek. Hasil uji-t untuk variable isyarat periferal adalah 10,929 dan hasil koefisien determinasi menunjukkan adj. r-square adalah 0,545 - kedua hasil memberi makna bahwa isyarat periferal pada Jelang Buka ditemukan efektif terhadap minat pembelian.

English Abstract

Elaboration likelihood model is one of the theories used to understand the processes that underlie the effectiveness of persuasive communication as stated by the founders Petty & Cacioppo (1983). Elaboration Likelihood able to explain how someone processes received information and predicts whether the message has an influence on changing of the attitudes and retention of the messages. Namely, as explained in Elaboration Likelihood Model; there are two routes of persuasion which is the central route and the peripheral route. In this case, the webseries titled as ‘Jelang Buka’ by Unilever uses peripheral cues as a persuasive communication effort. Thus, the elaboration likelihood model is used to explain the influence of peripheral cues found in 'Jelang Buka' webseries towards the intention to purchase among the audience. This study uses positivistic paradigm with quantitative methods namely through survey questionnaire towards 100 respondents according to Slovin Formula and the viewers who had watched the entire episodes of the webseries as the subject. The result of the t-test for variable peripheral cue is 10,929 and the coefficient determination result shown the adjusted r-square is 0.545 – both results gave meaning that the peripheral cues on Jelang Buka is found to be effective towards purchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/896/051908314
Uncontrolled Keywords: Elaboration Likelihood Model, Isyarat Periferal, Rute Periferal Webseries, Iklan, Minat Beli, Elaboration Likelihood Model, Peripheral Cue, Peripheral Route, Webseries, Advertising, Purchase Intention.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:05
Last Modified: 08 Jun 2022 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174715
[thumbnail of Amelia (2).pdf] Text
Amelia (2).pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item